PROTOTIPE SISTEM PEMBAYARAN BERBASIS RFID MENGGUNAKAN ARDUINO UNO PADA VENDING MACHINE

Authors

  • Risang Aji Herlambang Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Uning Lestari Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Amir Hamzah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

RFID, vending machine, pembayaran

Abstract

Pada kehidupan modern, daya beli masyarakat semakin meningkat salah satunya pembelian makanan ringan di Swalayan. Namun, tidak menutup kemungkinan pembeli harus mengantri saat melakukan pembelian, padahal bagi kebanyakan orang penggunaan waktu sangat berharga. Sehingga saat ini masyarakat akan cenderung memilih metode pembayaran yang dapat mempersingkat waktu. Selain itu, orang akan memilih metode pembayaran non tunai untuk mengurangi bersentuhan langsung dengan uang kertas di masa pandemi. Oleh karena itu, diperlukan mesin yang dapat melakukan tranksaksi otomatis untuk mendukung hal tersebut sebagai contoh adanya vending machine.  Tujuan penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) berbasis Arduino uno dalam memperbaiki sistem pembayaran dan menghindari pembayaran menggunakan uang tunai. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen seperti mikrokontroler Arduino Uno, servo, ESP8266, dan RFID reader dan RFID card/tag. Hasil penelitian mengatasi permasalah yang ada RFID reader dapat membaca RFID card mulai dari jarak 0.5 cm sampai 2.5cm dan  pembacaan pada RFID tag memiliki jarak lebih kecil, yaitu 0.5 cm sampai 1.5 cm. Sehingga menggunakan RFID berjenis card  lebih baik dengan perbedaan jarak 1 cm. Hasil penilitian menunjukkan bahwa RFID reader dapat membaca lebih baik menggunakan RFID card daripada menggunakan RFID tag. Sistem pembayaran berbasis RFID pada vending machine berhasil diimplementasikan. Selain itu, Pendaftaran member dan penambahan saldo juga dapat diimplementasikan pada sistem pembayaran

References

Adelheid, A. K. (2012). Buku Pintar Menguasai PHP Dan Mysql. Jakarta: Mediakita.

Bierer, D. (2016). PHP 7 Cookbook. USA: Packt Publishing.

Hariono, T. (2020). Implementasi RFID Mobile Untuk Alat Pembayaran. Jurnal Sains Dan Teknologi .

Imam, D. R., Darmono, H., & Zakaria, M. N. (2018). Rancang Bangun Sistem Pembayaran Tiket Wisata Menggunakan Smart Card Berbasis Rfid Dan Notifikasi Informasi Saldo Menggunakan Sms Gateway Pada Wana Wisata Alam Yang Dikelola Oleh Perum Perhutani Kph Malang. Jartel.

Latif, R. G. (2019). Sistem Informasi Kartu Member Menggunakan Rfid Untuk Penggemar Klub Sepak Bola Profesional. Yogyakarta.

Raga, J. R. (2019). Rancang Bangun Alat Penjual Minuman Kopi Otomatis Menggunakan RFID ( Radio Frekuensi Identification) Berbasis Arduino.

Santoso, T. (2019). Rancang Bangun Sistem Pembayaran Non Tunai Menggunakan Rfid Berbasis Internet Of Things. Yogyakarta.

Santoso, T., & Ahmad, H. (2019). Rancang Bangun Sistem Pembayaran Non Tunai Menggunakan RFID Berbasis Internet Of Things. Yogyakarta.

Sulistyorini. (2009). Pemodelan Visual Dengan Menggunakan UML Dan Rasional.

Downloads

Published

2021-12-25