PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PEMANTAUAN DAN PENGENDALI PADA AQUASCAPE BERBASIS INTERNET OF THINGS

Authors

  • Muhammad Rosyid Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Suwanto Raharjo Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Catur Iswahyudi Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/script.v9i1.3659

Keywords:

Pemantauan dan Pengendali, sensor pH, sensor suhu, website, firebase

Abstract

Berdasarkan survei lapangan, sistem aquascape yang ada dipasaran saat ini memang sudah menarik, dengan koleksi tumbuhan dan ikan didalam aquascape, namun salah satu permasalahan yaitu dalam pemantauan dan pengendalian pemeliharaan aquascape yang masih manual. Terkadang pemilik aquascape juga harus memperhatikan masalah seperti penerangan, kondisi dan kualitas air. Dalam penelitian ini mengimplementasikan alat pemantauan dan pengendali pada aquascape. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini berupa data, yaitu relay untuk pengendalian lampu LED, sensor pH dan sensor suhu untuk memantau kondisi kualitas air dengan mengetahui nilai pH, dan suhu. Berdasarkan hasil pengujian prototipe alat pengendali atau penjadwalan lampu LED dapat bekerja sesuai yang diharapkan dengan memberi perintah pada jam awal dan jam akhir dari jarak jauh melalui website. Hasil pengujian dari kinerja sensor pH dan sensor suhu bekerja sesuai yang diharapkan yaitu berhasil membaca nilai pH air dan kondisi suhu air, lalu ditampilkan pada website. Namun masih ditemukan delay pada pembacaan dari prototipe ke website pada sensor pH dengan delay rata-rata 31,77s dan sensor suhu dengan rata-rata delay 33,13s.

References

Tadeus, D. Y., Azazi, K., & Ariwibowo, D. (2019). Model Sistem Monitoring pH dan Kekeruhan pada Akuarium Air Tawar berbasis Internet of Things. Metana : Media Komunikasi Rekayasa Proses dan Teknologi Tepat Guna.

Ertyan, P. V., Pangaribuan, P., & Wibowo, A. S. (2019). SISTEM MONITORING DAN MENGONTROL AQUARIUM DALAM PEMELIHARAAN IKAN HIAS DARI JARAK JAUH. e-Proceeding of Engineering.

Hardyanto, H., & Wahyu, P. (2019). Konsep “AQU PINTAR” Aquarium Pintar 4.0 Berbasis IoT. SEMINAR NASIONAL Dinamika Informatika 2019 Universitas PGRI Yogyakarta.

Hidayat, M., & Mardiyantoro, N. (2020). SISTEM PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN PH AIR BERBASIS IoT MENGGUNAKAN PLATFORM ARDUINO. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ.

Pambudi, R. B., Yahya, W., & Siregar, R. A. (2018). Implementasi Node Sensor untuk Sistem Pengamatan pH Air Pada Budidaya Ikan Air Tawar. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

Panduardi, F., & Haq, E. S. (2016). WIRELESS SMART HOME SYSTEM MENGGUNAKAN RASPBERRY PI . Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan.

PRASETYO, A. F. (2018). RANCANG BANGUN SMART FISH BERBASIS IoT. TUGAS AKHIR.

Syukur, M., Putrada, A. G., & Suwastika, N. A. (2019). Implementasi dan Analisis Pengurasan Otomatis Aquascape Berdasarkan Kualitas Air. e-Proceeding of Engineering.

Widjaja, T. (2013). Aquascape: Pesona Taman dalam Akuarium. Jakarta: PT ArgoMedia Pustaka.

Downloads

Published

2021-06-23