PENGEMBANGAN FASILITAS EKSPERIMEN POOL DAN FLOW BOILING UNTUK MEMPELAJARI PERFORMA DAN FENOMENA HEAT TRANSFER PADA BERAGAM FLUIDA DAN MATERIAL

Authors

  • Ignatius Yan Rosario Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
  • Pradhana Adhi Prasidha Mahardhika Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
  • Indro Pranoto Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada

Keywords:

fasilitas boiling, fenomena boiling, flow boiling, koefisien transfer kalor, pool boiling, thermal management

Abstract

Akhir-akhir ini perkembangan teknologi menuntut adanya rekayasa termal yang baik. Beberapa fasilitas yang diciptakan mampu bekerja lebih cepat dan juga mampu menangani beban kerja yang besar yang pada akhirnya menghasilkan kalor yang besar. Pada kondisi ini, ketahanan produk dapat menurun bahkan dapat mengakibatkan kerusakan pada produk. Pada penelitian lainnya telah dipelajari performa dan fenomena pendidihan pada berbagai jenis fluida dan material pada sistem pool dan flow boiling. Penelitian ini sendiri berfokus pada pengembangan fasilitas pool dan flow boiling yang mampu mengamati berbagai variable yang berhubungan dengan karakteristik dan performa transfer kalor.

Pada fasilitas penelitian ini, keduanya terdapat area evaporasi dan kondensasi. Pengamat pendidihan dilakukan pada area evaporasi yang terbuat dari alumunium. Sedangkan, area kondensasi dan rumah heater dibuat dari tembaga. Kedua jenis material ini digunakan karena mempunyai konduktivitas termal yang baik. Untuk pengoperasian alat ini, temperatur permukaan optimal adalah di bawah temperatur critical. Kondisi ini dibatasi karena menyesuaikan kurva boiling dimana setelah melewati temperature critical, terjadi lonjakan temperatur yang signifikan. Fasilitas penelitian ini dapat digunakan untuk mempelajari performa transfer kalor dan mengamati fenomena pool dan flow boiling. Hasil pengolahan data yang dapat ditampilkan adalah kurva boiling, pressure drop, korelasi heat transfer coefficient, dan beberapa korelasi lain dari berbagai material dan fluida kerja.

 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles