EVALUASI PRIORITAS STRATEGI SWOT DENGAN SOFTWARE EXPERT CHOICE PADA INDUSTRI KREATIF X COLLECTION

Authors

  • Amanda Nur Cahyawati Universitas Brawaijaya

Keywords:

AHP, expert choice, strategi, SWOT

Abstract

Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan repsresentasi dari suatu konsep dalam pendukung keputusan dengan cara membagi-bagi permasalahan banyak kriteria atau multi kriteria yang kompleks dan detail menjadi suatu hirarki atau tingkatan. Paper ini menjelaskan penggunaan metode analytical hierarchy process untuk evaluasi prioritas strategi pada kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Permasalahan yang digunakan adalah evaluasi prioritas strategi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman di industri kreatif X collection. Analytical Hierarchy Process berfungsi untuk menentukan prioritas pilihan strategi pada industri kreatif x collection. Strategi yang dipilih yaitu mendapatkan nilai yang paling tinggi berhak dijadikan konsentrasidalam pelaksanaannya dari berbagai implementasi. Setelah melakukan pengolahan data dengan bantuan software expert choice didapatkan hasil strategi startegi yang dapat dijadikan sebagai prioritas yaitu strategi SO dengan persentase 48.3% kemudian dilanjutkan dengan strategi  WO 24.7%, kemudian strategi  WT 17.6%, dan yang terakhir strategi ST 9.4%. Implemenatsi strategi yaitu  menjadikan produk industri kreatif X collection sebagai trend souvenir berbahan gipsum yang unggul dengan 29.9% (strategi SO), memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pemasaran dengan 25.3% (strategi WO), mengurangi unit produk yang kurang diminati konsumen dengan 23.9% (strategi WT) dan mempertahankan citra industri kreatif X collection dengan 20.9% (strategi ST). 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles