PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENENTUAN STRATEGI DAYA SAING PADA BRANDING COOLMONKEY

Authors

  • Raden Ilham Akbar Magister Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti Jalan Kyai Tapa, Grogol Jakarta, 11440, Indonesia
  • Winnie Septiani Magister Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti Jalan Kyai Tapa, Grogol Jakarta, 11440, Indonesia

Keywords:

Pengambilan Keputusan, Daya Saing, Multi Expert Criteria Decision Making (MECDM), Tree Diagrams, Gravity Location

Abstract

Coolmonkey merupakan branding produk pembatas jalan, produk yang dihasilkan meliputi Road Barrier, Traffic Cone dan Stick Cone. Perusahaan branding tersebut saat ini sedang melakukan analisis untuk menentukan strategi daya saing supaya profit yang didapat meningkat. Tujuan dalam penelitian ini untuk menentukan strategi yang tepat dalam memenagkan pangsa pasar dan peningkatan daya saing untuk mendapat profit maksimal. Pengambilan keputusan dalam kasus ini menggunakan metode Multi Expert Criteria Decision Making (MECDM) untuk menentukan strategi yang optimal berdasarkan data kualitatif dari tanggapan para pakar yaitu pemilik retail produk branding coolmonkey diarea sector market daerah Jabodetabek, kemudian berdasarkan analisis menggunakan metode MECDM dari data kualitatif diperoleh alternatif terpilih yaitu membuat produk baru dan membangun gudang cabang didekat sector market sebagai pengganti gudang di Cengkareng yang akan dijual. Kemudian dilanjutkan dengan analisis keputusan berdasarkan data kuantitatif dari kesimpulan yang terpilih dari pengolahan data kualitatif dengan data keuntungan dan kerugian yang diilustrasikan menggunakan tree diagram. Alternatif terpilih yaitu membuat produk baru dengan berdasarkan EMV terbesar yaitu Rp. 61.400.000. untuk meningkatkan keuntungan dengan mengurangi biaya transportasi dilakukan analisis Kembali menggunakan metode gravity location untuk menentukan lokasi gudang yang tepat agar meminimumkan biaya transportasi dan mengurangi keterlambatan pengiriman, diperoleh di titik koordinat x = 7,49 dan y = 3,64. yang berada di titik daerah Sawah Besar 

 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles