ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX BERBASIS MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN OMZET PADA ETHIKOPIA COFFE

Authors

  • Ari Ristanto Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ika Rakhmawati Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Tri Wisudawati
  • Wahyu Adhi Saputro Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Marketing Mix, Omzet, Regresi Berganda, Ethikopia Coffee

Abstract

Tren mengkonsumsi kopi semakin cenderung meningkat bahkan menjadi life style bagi beberapa individu. Hal tesebut juga berlaku bagi konsumen yang sering mengunjungi kedai kopi yang ada di Kabupaten Sleman yaitu Ethikopia Coffee. Banyak sekali konsumen yang mencari lokasi dan referensi kedai kopi tersebut dari sosial media seperti instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh marketing mix berbasis media sosial untuk meningkatkan omzet pada Ethikopia Coffe. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 dan merupakan pengunjung Ethikopia Coffe yang pernah mengunjungi lokasi tersebut beberapa kali. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel dalam marketing mix berbasis sosial media terhadap omzet Ethikopia Coffee. Manajemen perusahaan dapat meningkatkan omzet yang didapat dengan meningkatkan dan memperbaiki variabel 4P yaitu produk, hargam tempat dan promosi. Hasil pengolahan dalam regresi linear berganda dapat diurutkan variabel yang paling dominan terhadap pengaruhnya pada omzet Ethikopia coffee dari produk, tempat, harga dan promosi.

 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles