THE EFFECT OF MULTIMEDIA ON EXTROVERT AND INTROVERT VOCATIONAL STUDENTS IN DEVELOPING THEIR SPEAKING SKILL

Authors

  • Bernadetta Eko Putranti Akprind Institute of Science and Technology Yogyakarta
  • Siti Saudah Akprind Institute of Science and Technology Yogyakarta

Keywords:

siswa SMK ekstrovert dan introvert, multimedia, keterampilan berbicara

Abstract

Multimedia memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan bahasanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan multimedia pada siswa vokasi ekstrovert dan introvert dalam mengembangkan keterampilan berbicara mereka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian eksperimental. Kuisioner dan pre and posttest digunakan untuk menganalisis keefektifan multimedia dalam kegiatan belajar mengajar berbicara. Pelaksanaannya di AKPRIND Institut Sains dan Teknologi Yogyakarta bersama mahasiswa semester genap Jurusan Teknik Mesin Program Diploma 3 tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian ini disajikan dalam hasil analisis bahwa T hitung = 8.115 dengan 37 df. Nilai yang didapat dari t tabel t (0,05, 37) = 1,692. Karena t = 8.115 t tabel = 1.692, maka terdapat pengaruh yang signifikan keberadaan multimedia pada responden ekstrovert. Dan T hitung = 11,416 dengan df. 31, nilai yang diperoleh dari t tabel t (0,05; 31) = 1,697. Karena t = 11,416 t tabel = 1,697, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara keberadaan multimedia pada responden introvert. Keberadaan multimedia jelas memberikan pengaruh yang signifikan bagi siswa SMK ekstrovert dan vokasi introvert dalam mengembangkan keterampilan berbicara.

 

Kata kunci: , ,

 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles