WHATSAPP SEBAGAI ALAT BANTU PERDAGANGAN BATIK KRATON YOGYA DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Dina Andayati Informatika, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Yuliana Rachmawati K. Informatika, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

era new normal, media sosial, perdagangan, whatsapp

Abstract

Dalam era new normal Covid-19 ini, kesehatan merupakan hal yang sangat penting, bagaimana untuk tetap memenuhi protokol kesehatan, tapi juga harus tetap produktif agar usaha tetap berjalan maka perlu membuat strategi pemasaran yanglebih sesuai dimasa pandemi.Ketika Perubahan komunikasi dengan mengurangi bertemu secara langsung. Usaha perdagangan batik Kraton Yogya termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), keadaan pendemi Covid-19 berakibat juga pada perdagangan batik yang menurun drastis, karena orang mengurangi kerumunan dengan cara tidak pergi ke pasar dan toko. Sementara selama ini sangat mengandalkan pemasaran conservative melakukakn stok opname pasar dan toko.

Penggunaan whatsapp untuk media sosial yang banyak digunakan masyarakat dan berjalan di berbagai platform ada di handphone android maupun iphone, dengan berbagai fasilitas yang ada seperti mengunduh gambar atau foto, juga untuk menulis chat, dapat digunakan sebagai alat bantu dalam berkomunikasi.Pemanfaatan media ini ternyata cukup efektif membantu perdagangan. Pelanggan /konsumen tetap dapat melakukan transaksi semi online dengan dengan media ini. Whatsapp juga dapat digunakan untuk konfirmasi masalah pembayaran, yaitu dengan mengirim bukti transfer sejumlah uang dari bank tertentu.

Hasil penjualan memang belum menyamai seperti pada masa sebelum pandemi, tetapi perubahan metode penjualan yang dilakukan secara daring ternyata cukup efektif untuk mampu mempertahankan kelangsungan usaha. Peningkatan usaha perdagangan memang belum seperti yang diharapkan, namun ternyata transaksi usaha  alat bantu media sosial ini mencakup lebih dari 75% dari keseluruhan data transaksi.

Kata kunci : era new normal, media sosial, perdagangan, whatsapp.

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles