PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP DALAM MENGOPTIMALKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR

Authors

  • Barra Purnama Pradja Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dede Hayati Nufus Universitas Muhammadiyah Tangerang

Keywords:

aljabar, konsep matematika, model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengetahuan dalam memahami konsep matematika, namun kenyataannya pengetahuan dalam memahami konsep matematika siswa yang masih rendah, sehingga siswa merasakan kesulitan ketika mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan matematika. Salah satu cara untuk dapat mengoptimalkan dalam memahami konsep matematika adalah dengan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif co-op co-op ini adalah model pembelajaran yang tergolong metode tugas khusus, oleh karena itu dalam kegiatan pembelajaran kooperatif lebih memperhatikan partisipasi siswa agar dapat berinteraksi dengan kelompok untuk memahami materi yang dipelajari. Kelebihan metode pembelajaran co-op co-op diantaranya adalah: membiasakan siswa untuk merancang sebuah penemuan, siswa lalu mampu untuk memecahkan masalah secara efektif, dan membangkitkan kemampuan siswa untuk berpikir mengenai pemecahan masalah yang mereka hadapi.. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi apakah terdapat perbedaan pada siswa dalam memahami konsep matematika pada materi aljabar yang diberikan oleh pendidik, antara siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op dengan siswa yang diberikan metode konvensional. Pendekatan kuantitatif yang dipakai untuk penelitian ini adalah Quasi Eksperimentasi Design dengan Nonequivalent Control Group, sedangkan instrumen yang digunakan adalah tes tetulis berbentuk tes uraian. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMPN 12 Kota Tangerang. Untuk pretes menggunakan teknik analisis data dengan Uji Mann-Whitney dan postes menggunakan Uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil pengolahan data didapatkan  bahwa model pembelajaran kooperatif ini memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika siswa untuk materi aljabar. 

 

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles