PENGARUH SUDUT PENGAPIAN TERHADAP UNJUK KERJA CONVENTER KIT PADA MOTOR 4 TAK BERBAHAN BAKAR LPG

I Gusti Ngurah Sinarsa Putra

Sari


ABSTRAK

Konsumsi bahan bakar minyak dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Sementara cadangan minyak bumi Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami penurunan. Penggunaan bahan bakar pengganti bahan bakar minyak (BBM) dalam hal ini LPG (Liquified Petroluem Gas) diharapkan mampu menjaga ketahanan energi nasional serta menurunkan emisi gas buang motor.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sudut pengapian terhadap unjuk kerja conventer Kit pada motor 4 TAK  berbahan bakar LPG terhadap performa mesin, nilai ekonomis dan emisi gas buang dari setipa variasi sudut pengapian yang terdiri dari 7°, 10°, 13° sebelum TMA.

Dari hasil pengujian diperoleh bahwa dengan pengaturan sudut pengapian 13° sebelum TMA, menghasilkan Torsi dan Daya yang dekat dengan motor bensin, konsumsi bahan bakar sepesifik (sfc) pada bahan bakar LPG lebih ekonomis dari pada motor berbahan bakar premium terlihat juga dari jarak tempuh bahwa bahan bakar LPG dapat menempuh jarak lebih jauh dari pada bahan bakar premium dan emisi gas buang CO, HC, CO2, O2 bahan bakar LPG lebih kecil dari pada  bahan bakar premium.

Kata kunci : sudut pengapian, tonsi, daya, sfc, emisi gas buang

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik Mesin is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.akprind.ac.id/index.php/mesin/index.