PENGARUH FEEDING TERHADAP KEKASARAN DAN KEAUSAN PAHAT HSS (HIGH SPEED STEEL) PADA PROSES PENYEKRAPAN BAHAN BAJA ASSAB 618 SUPREME

Usman Maulana

Sari


ABSTRAK

Kekasaran permukaan sebuah benda kerja memegang peranan penting terhadap kualitas suatu produk dalam proses permesinan. Kekasaran permukaan diukur secara langsung menggunakan alat pengukur kekasaran permukaan atau dengan cara lain adalah dengan pengukuran secara tidak langsung. Benda kerja (material baja ASSAB 618 Supreme) disekrap dengan menggunakan tiga jenis pahat HSS dari produk yang berbeda dengan  tipe yang sama Molybdenum (M2)

Proses permesinan dilakukan dengan memvariasikan Feeding yang digunakan adalah 0,25 mm/langkah, 0,50 mm/langkah, 0,75 mm/langkah, sedangkan kecepatan potong ditetapkan konstan yaitu 50 m/mnt. Permasalahan yang diteliti adalah sejauh mana pengaruh feeding dan jenis pahat tersebut terhadap kekasaran permukaan benda kerja dengan pengukuran kekasaran menggunakan alat surface tester dan keausan pahat dengan pengukuran menggunakan perangkat lunak MATLAB.

 Dari hasil penelitian kekasaran permukaan dengan menggunakan alat surface tester di dapat kedalaman pemakanaan (feeding) paling baik adalah 0,25 mm/langkah dengan nilai kekasaran 27,44 µm menggunakan pahat HSS Bohler dan kekasaran paling tinggi dengan feeding 0,50 mm/langkah dengan nilai kekasaran sebesar 49,85 µm, dengan menggunakan jenis pahat HSS cina. Sedang untuk tingkat keausan yang paling kecil adalah jenis pahat HSS Jck dengan nilai keausan 0,49 gram dengan feeding 0,25 mm/langkah, sedangkan tingkat keausan  paling besar adalah pahat HSS biasa dengan nilai keausan sebesar 0,56 gram dengan feeding 0,50 mm/langkah.

 

Kata kunci : feeding, surface tester, Perangkat lunak MATLAB, Kekasaran Permukaan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik Mesin is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.akprind.ac.id/index.php/mesin/index.