Menumbuhkan Minat anak-anak pada pelajaran matamatika di Dusun Pandes II, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta

Authors

  • Suraya IST AKPRIND
  • Muhammad Sholeh IST AKPRIND

Abstract

Pelajaran Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang tidak disenangi anak-anak. Anggapan matematika susah selalu menjadi alasan anak-anak selama belajar matematika.

Banyak cara dan strategi yang dilakukan sebagai upaya untuk menghilangkan anggapan belajar matematika susah. Upaya tersebut diantaranya dilakukan dengan melakukan proses belajar matematika yang dikemas dengan suatu cerita dan di dalam cerita tersebut ada proses perhitungan matematika. Sebagai bentuk pelaksanaan pengabdian pada masyarakat,  tim dosen Informatika memberikan pendampingan pada anak-anak SD di dusun Pandes II dengan tema belajar matematika yang menyenangkan. Metode pelaksanaan dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan survei. Survei dilakukan dengan wawancara kepada orang tua yang masih mempunyai anak SD. Salah satu hasil wawancara adalah munculnya kendala pada orang tua pada saat memberikan   pendampingan pada pelajaran Matematika. Metode yang lain adalah melakukan pendampingan pada anak-anak SD di dusun Pandes II terutama pendampingan pada pelajaran Matematika. Hasil pelaksanaan pengabdian pada masyarakat diantaranya memberikan motivasi pada anak-anak untuk menyukai pelajaran matematika dan kiat untuk memahami materi matematika. Hasil pengabdian pada masyarakat, anak-anak mendapatkan salah satu cara dalam mendalami pelajaran matematika terutama materi bangun datar.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Suraya, & Sholeh, M. (2022). Menumbuhkan Minat anak-anak pada pelajaran matamatika di Dusun Pandes II, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. JNANADHARMA, 1(1), 28–35. Retrieved from https://journal.akprind.ac.id/index.php/jafst/article/view/4203