PERANCANGAN MOBIL LISTRIK DENGAN MEMANFAATKAN SINAR MATAHARI SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF MENGGUNAKAN MODUL PHOTOVOLTAIC

Authors

  • Candra Sasmita

Keywords:

Catudaya, solar cell, mobil listrik, charge controller, arduino

Abstract

Modul photovoltaic merupakan rangkaian sel surya yang tersusun secara seri atau paralel. Modul photovoltaic berfungsi untuk mengubah energi cahaya dari matahari menjadi energi listrik. Dalam penelitian ini yang akan dilakukan adalah merancang mobil listrik dengan memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber energi alternatif menggunakan modul photovoltaic yang dilengkapi charger controller, baterai dan arduino serta melakukan pengujian dan pengambilan data pada modul photovoltaic. Didalam merancang mobil listrik sistem catu daya dengan tenaga surya dengan rangkaian charge controller serta baterai 12 volt. Rangkaian charger controller ini dibuat dengan menggunakan suatu rangkaian elektronika analog dan komponen digital. Alat ini mempunyai fungsi utama sebagai pengontrol aliran listrik antara panel sel surya dengan baterai dan juga beban dengan menggunakan saklar otomatis. Sehingga pengoperasian dan penggunaan sistem pembangkit listrik tenaga surya 100 watt ini dapat beroperasi dan dimanfaatkan lebih baik. Pengambilan data pengujian dilakukan dengan mengukur intensitas cahaya, suhu, tegangan dan arus pada keluaran solar cell, dan input pengisian baterai. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah model mobil listrik dengan catudaya yang menggunakan modul photovoltaic berdaya 100 watt dan dapat melakukan pengisian ke baterai 12 volt berkapasitas 5 Ah yang di rangkai seri yang dikontrol oleh arduino ketika melakukan pengisian baterai. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Abdul Kadir . 1995, ” Energi Sumber Daya , Inovasi , Tenaga Listrik dan Potensi Ekonomi”. UI-Press Jakarta.
[2] Abdul Kadir. 2012. “Panduan Praktis Mempelajari Mikrokontroler dan Pemrogramanya Menggunakan Arduino”. Andi Yogyakarta.
[3] Ferlian. C. ,2014, ”Pemanfaatan Energi Matahari Sebagai Penyiram Kebun Salak di Musim Kemarau dengan Menggunakan Inverter Sebagai Perubah Tegangan DC ke AC Pada Solarcell”.Akprind Press,Yogyakarta.
[4] Jazi Eko Istiyanto. , 2014. “Pengantar Elektronika dan Instrumentasi Pen- dekatan Project Arduino dan Android”. Andi, Yogyakarta.
[5] Yushardi, 2002, Pengaruh Faktor Metereologi Terhadap Pola Efisisensi Tiap Jam Harian Pada Modul Sel Surya .http://www.tumoutou.net. 702_05123 / yushardi. DOC. diakses pada 8 September 2016.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Sasmita, C. (2019). PERANCANGAN MOBIL LISTRIK DENGAN MEMANFAATKAN SINAR MATAHARI SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF MENGGUNAKAN MODUL PHOTOVOLTAIC. Jurnal Elektrikal, 4(1), 48–56. Retrieved from https://journal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2558