Pemanfaatan Internet of Things (IoT) pada Terminal Kontak Portabel Sebagai Pengendali dan Pemantau Peralatan Listrik

Authors

  • Tri Alhudi J
  • Muhammad Andang Novianta
  • Prastyono Eko Pambudi

Keywords:

android, ESP8266, internet of things, peralatan listrik, daya

Abstract

Banyaknya penggunaan peralatan listrik dan semakin sibuknya aktivitas manusia  membuat pengguna kesulitan dan lalai dalam memanajemen peralatan listrik. Selain itu pengguna juga sering meninggalkan peralatan listrik dalam keadaan standby. Hal tersebut mengakibatkan kerugian dan timbulnya bahaya seperti kebakaran dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan membuat suatu sistem berteknologi internet of things (IoT). Sistem ini memungkinkan pengguna dapat mengendalikan dan memantau peralatan listrik yang digunakan melalui aplikasi smartphone yang terhubung internet. Sistem ini terdiri dari perangkat keras berbentuk stopkontak yang didalamnya terdapat  modul wifi ESP8266,  sensor arus CT, solid state relay dan catu daya 3,3V serta perangkat lunak yang berupa IoT platform dan aplikasi android. Pengendalian stopkontak ini mempunyai dua mode yaitu mode offline yang dan online. Hasil penelitian yaitu perangkat stopkontak yang dapat dimatikan dan dihidupkan serta diketahui daya dan total energi yang terpakai oleh beban melalui aplikasi android. Persentase keberhasilan dalam melakukan pengendalian menggunakan smartphone mencapai 100%  dengan jumlah pengujian sebanyak 20 kali. Hasil pengukuran daya dari sistem ini memiliki nilai linearitas sebesar 0.999 dengan nilai error rata-rata sebesar 1,14% pada 10 kali pengukuran menggunakan beban lampu pijar 25-250 watt.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, W., 2016. Kontrol Relay Melalui Wfi ESP8266 Dengan Aplikasi Blynk Berbasis OS Android, Yogyakarta: D3 Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada.
Evans, D. 2011. The Internet of Things - How the Next Evolution of the Internet is Changing Everything. Cisco Internet Business Solutions Group (IBSG).
Gubbi, J., Buyya, R., Marusic, S. & Palaniswami, M., 2013. Internet of Things (IoT): A Vision, Architectural Elements, and. Future Generation Computer System, pp. 1645-1660.
Ishartomo, F. & Dharmawan, A., 2011. Pemantauan Penggunaan Listrik Peralatan Rumah Tangga Melalui Telepon Genggam Pengguna. Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation Systems (IJEIS), 1(1), pp. 13-18.
Sukarman, Khoiri, M. & Setiawan, S., 2009. RANCANG BANGUN KWh METER DIGITAL BERBASIS MIKROKONTROLER. Yogyakarta, SDM Teknologi Nuklir.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

J, T. A., Novianta, M. A., & Pambudi, P. E. (2019). Pemanfaatan Internet of Things (IoT) pada Terminal Kontak Portabel Sebagai Pengendali dan Pemantau Peralatan Listrik. Jurnal Elektrikal, 4(2), 64–72. Retrieved from https://journal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2550

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>