Pemanfaatan RFID Sebagai Pengidentifikasi Kendaraan Pada Proses Pengisian Bahan Bakar Premium Guna Pengendalian Pembatasan BBM

Authors

  • Ni Nyoman Sri Sulistiyawati
  • Muhammad Andang Novianta
  • Wiwik Handajadi

Keywords:

Bahan Bakar Minyak, Arduino Uno, Water Flow Sensor YF S-201, Radio Frequency Identification (RFID) RC522, Microsoft Visual Studio, PhpMyAdmin

Abstract

Perkembangan teknologi dibidang teknologi transportasi mengambil andil besar dalam penggunaan energi fosil, yang mengakibatkan kebutuhan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) meningkat dari tahun ke tahun. Masyarakat lebih cenderung menggunakan BBM bersubsidi seperti Premium (RON 88) serta Solar (CN 48) untuk kendaraan bermotor yang digunakan. Beberapa aplikasi pun telah dikembangkan untuk pengendalian pembelian BBM bersubsidi.

Pemanfaatan RFID sebagai pengidentifikasi kendaraan pada proses pengisian bahan bakar premium guna pengendalian pembatasan BBM sebagai salah satu perangkat dan aplikasi yang dikembangkan untuk membatasi jumlah pembelian BBM bersubsidi jenis Premium. Sistem ini bekerja dengan menggunakan modul Arduino Uno sebagai pengontrol utama, water flow sensor YF S-201 G1/2 yang berfungsi menghitung volume, dan Radio Frequency Identification (RFID) reader RC522 sebagai pengidentifikasi jenis BBM dan kuota yang tersedia. Untuk aplikasi, dirancang menggunakan Microsoft isual Studio dan untuk database menggunakan PhpMyAdmin.

Dari hasil pengujian yang dilakukan, penggunaan RFID dalam mengidentifikasi jenis bahan bakar kendaraan dan kuota yang tersedia bekerja dengan baik pada jarak pembacaan 0 – 2 cm. Untuk hasil pengujian dua buah sensor water flow YF S-201 terhadap gelas ukur dengan batas pengukuran 1 liter sampai dengan 3 liter, diperoleh rata-rata kesalahan sebesar 2,145% dalam pengukuran volume pada sensor 1, sedangkan pada sensor 2 diperoleh rata-rata kesalahan sebesar 4,08%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2015). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis. Dipetik December 10, 2016, dari Kementerian PPN / BAPPENAS: http://bappenas.go.id/id/data-dan-informasi-utama/data-dan-statistik1/ sarana-dan-prasarana/
Carwoto. (2011). Rancangan Otomasi Berbasis Carwoto. (2011). Rancangan Otomasi Berbasis Internet Untuk Pengendalian Proses Penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi. Seminar Nasional Sains dan Teknologi ke-2 Tahun 2011 (pp. 25-30). Semarang: http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/.
Dewi, N. K. (2015). Pemanfaatan Teknologi RFID (Radio Frequency Identification) Untuk Deteksi Pengisian BBM Pada Mobil Dinas Di Lingkungan Universitas Udayana. Badung: http://erepo.unud.ac. id/10731/.
Huda, A. (2015). Perancangan dan Penerapan RFID untuk Monitoring Penggunaan BBG pada Kendaraan Umum. IncomTech, 69-84.
Samsugi, S. (2014). Prototype Sistem Pengendalian Pembelian Bahan Bakar Minyak Bersubsidi Menggunakan RFID Berbasis Web. Yogyakarta: http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=73883.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Sulistiyawati, N. N. S., Novianta, M. A., & Handajadi, W. (2019). Pemanfaatan RFID Sebagai Pengidentifikasi Kendaraan Pada Proses Pengisian Bahan Bakar Premium Guna Pengendalian Pembatasan BBM. Jurnal Elektrikal, 4(2), 28–37. Retrieved from https://journal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2546

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>