ANALISA EFISIENSI TURBIN GENERATOR BERDASARKAN KUALITAS DAYA PADA PLTU PABRIK GULA MADUKISMO

Authors

  • Briliana Kurniasari
  • Wiwik Handajadi
  • Slamet Hani

Keywords:

PLTU, efisiensi generator, energi listrik

Abstract

Kebutuhan energi listrik akan terus meningkat. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan listrik, maka dibangunlah berbagai macam pembangkit listrik. Salah satu jenis pembangkit listrik adalah Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang mempergunakan energi kinetik uap air untuk menggerakkan turbin.

Kinerja dari sistem PLTU ini salah satunya dipengaruhi oleh efisiensi dari generator. Untuk mengetahui nilai efisiensi dari suatu generator pada pembangkit listrik, perlu dilakukan penelitian dengan beberapa data sebagai variable yang akan dihitung. Dalam pengambilan data dilakukan metode survei dan tinjauan pustaka sebagai pendukung terhadap data penelitian tersebut.

Semakin besar efisiensi generator makan dapat dikatakan bahwa generator tersebut dalam kondisi yang baik. Pada tahun 2016 efisiensi generator PT. Madu Baru PG. PS Madukismo mengalami penurunan pada bulan September sebesar 90,7% hingga Desember sebesar 68,8%. Penurunan efisiensi ini dipengaruhi beberapa faktor seperti melemahannya kemampuan kerja generator, rugi-rugi panas pada kumparan (winding) dan rugi-rugi pada inti generator (core), serta rugi-rugi mekanik. Perubahan beban pada pabrik gula ini juga dipengaruhi oleh kualitas dari ampas tebu yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2004. “Profil PT. Madu Baru PG/PS Madukismo”. Yogyakarta.
Apni, Dian W. 2015. Analisis Pengaruh Beban Terhadap generator Sinkron Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pangkalan Susu. Medan: Tugas Akhir. Politeknik Negeri Medan.
Cahyadi, D., & Hermawan. 2015. Analisa Perhitungan Efisiensi Turbine Generator QFSN-300-2-20B Unit 10 dan 20 PT. PJB UBJOM PLTU Rembang . Teknik Elektro.
Cahyo, B. N. 2011. Analisis Governor Sebagai Pengatur Beban Generator Pada PLTA Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Yogyakarta: Skripsi. IST AKPRIND.
Handoyo, J. 2014. Mesin Penggerak Utama Turbin Uap . Yogyakarta: Deepublish.
Harris, Anam, S., & Mahmudsyah, S. 2013. Studi Pemanfaatan Limbah Padat Dari Perkebunan Kelapa Sawit Pada PLTU 6 MW Di Bangka Belitung. Teknik Elektro, 2, No. 1.
Irawan, H. 2010. Sistem Penguatan Dengan Sikat (Brush Excitation System) Pada Generator Unit 1 PLTU Cilacap. Teknik Elektro.
Marsudi, D. 2011. Pembangkit Energi Listrik . Jakarta: Erlangga.
Potter, M., & Somerton, C. 2011. Termodinamika Teknik. Jakarta : Erlangga.
Purwati, A. 2015. Ampas Tebu Sebagai Bahan Bakar Alternatif Pada Listrik Tenaga Uap (PLTU). Yogyakarta: Skripsi. IST AKPRIND.
Rijono, Y. 2004. Dasar Teknik Tenaga Listrik. Yogyakarta: ANDI.
Saputra, Edwin. 2016. Studi Sistem Sinkronisasi Generator Secara Otomatis Di PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju. Palembang: Laporan Akhir. Politeknik Negeri Sriwijaya.
Yusuf Nasution, S. 2011. Pembuatan Simulator Turbin Uap Berbasis Logika Fuzzy. Pusat Inovasi.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Kurniasari, B., Handajadi, W., & Hani, S. (2019). ANALISA EFISIENSI TURBIN GENERATOR BERDASARKAN KUALITAS DAYA PADA PLTU PABRIK GULA MADUKISMO. Jurnal Elektrikal, 4(2), 20–27. Retrieved from https://journal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2545

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>