SISTEM PENGATUR LAMPU PEJALAN KAKI DENGAN SUMBER ENERGI MANDIRI

Petrus Setyo Prabowo

Sari


INTISARI

Sistem pengatur dikendalikan oleh sensor pendeteksi kehadiran orang (pejalan kaki) mengunakan sensor infrared. Tegangan supply untuk sistem dihasilkan oleh solar cell dan accu. Sensor akan mendeteksi kehadiran pejalan kaki yang ingin menyeberang jalan, dan sistem akan mengatur waktu untuk pengoperasian dan pengaktifan lampu pejalan kaki serta APILL.Sensor infrared sudah dapat mendeteksi ketika ada dan tidak ada kehadiran orang (pejalan kaki). Output sensor sudah  dapat  mengoperasikan  lampu  pejalan  kaki  dan  APILL  sesuai  dengan  waktu  yang  ditentukan  pada program utama. Solar cell sudah dapat menyuplai tegangan untuk sistem pengatur dan accu yang kosong. Dengan kapasitas 10 WP solar cell mampu untuk mengisi accu saat pagi sampai sore hari, minimal 6 jam (mengisi accu setengah kosong). Dengan percobaan total sebanyak 7 kali sistem dapat bekerja sesuai dengan program sebanyak 5 kali percobaan. Dari total percobaan supply dengan solar cell menuju sistem keseluruhan, sebanyak 5 kali percobaan telah berhasil 3 kali percobaan. Maka sistem sudah bekerja secara maksimal dengan tingkat keberhasilan sebesar 71 %.


Kata Kunci


solar cell, sensor infrared, portable

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, undang – undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, diakses tanggal 2 Januari 2013. http://www.hubdat.dephub.go.id

Bram, J.A., 2011, Rancang Bangun Prototipe Pengatur Lampu Lalu Lintas Memanfaatkan Sensor Tekan, Skripsi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Daryanto., Drs, 2006, Pengetahuan Praktis Teknik Radio ,PT Bumi Aksara, Jakarta.

Heri.,S.T.M.T, J, Pengujian Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Solar Cell Kapasitas 50 WP.

Kadir,A ,2013, Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya

Menggunakan Arduino, ANDI Yogyakarta.

Mujahidin.,S.T.M.T., M dan Firman A.D.K ., 2013, Implementasi Panel Surya Pada Lampu Lalu Lintas yang Diterapkan di Simpang Malka Batam.

Nughraha, Ph.D.,T dan Didik S, Dipl.-Ing, Seri Sains Energi Terbarukan ENERGI SURYA.

Nusyirwan,ST.,M.Sc., D, Muh.M,ST.,MT dan Agustinus.S., Implementasi Panel Surya yang Diterapkan pada DaerahTterpencil di Rumah Tinggal di Desa Sibuntuon, Kecamatan Habinsaran.

Raharjo,P, 2013., Perancangan Sistem Hibrid Solar Cell – Baterai – PLN menggunakan PLC,Skripsi, Universitas Jember, Jember.

Sadewo,A.B, 2014, Remote Unit denganRFM12-433S untuk Sistem Telemetri Kualitas Air

Kolam Ikan, Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Sidopekso,S dan I Made.A, 2011, Studi rancang bangun Solar charge controller dengan indikator arus, tegangan dan suhu berbasis mikrokontroler ATMEGA 8538., vol XI no 1.

---------, 2006, RF12 Universal ISM Band FSK Transceiver, HOPE RF MICROELECTRONICS.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.