ANALISIS JALUR PADA PENGARUH FASILITAS KESEHATAN TERHADAP JUMLAH PENDERITA DIABETES DI INDONESIA

Noviana Pratiwi

Sari


INTISARI
Diabetes merupakan gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Karena menghawatirkannya penyakit ini maka perlu diadakannya pengendalian diabetes terutama oleh pemerintah lewat kementrian kesehatan. Beberapa fasilitas kesehatan seperti dokter, perawat, rumah sakit dan puskesmas di Indonesia secara langsung maupun tidak langsung mempunyai pengaruh dalam mengendalikan diabetes di Indonesia. Metode analisis jalur digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh antar variabel tersebut. Analisis jalur adalah analisis regresi terhadap data yang dibakukan. Dari empat faktor fasilitas kesehatan selama tahun 2013 yang diusulkan dalam penelitian ini hanya dua variabel yang mempunyai pengaruh yaitu puskesmas mempengaruhi secara langsung sebesar 83,3% dan rumah sakit yang memberikan pengaruh langsung sebesar 17,1% terhadap jumlah penderita diabetes di Indonesia. Selain itu, puskesmas juga mempengaruhi kematian di Indonesia secara langsung sebesar 81,1% dan tak langsung sebesar 15,66%. Jika dihubungkan dengan kematian, maka rumah sakit memberi pengaruh tak langsung sebesar 32,16% dan diabetes memberi pengaruh langsung sebesar 18,8%.

 

Kata Kunci


diabetes, analisis jalur. Regresi bertatar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2008, Bab 2 Analisa Jalur, Universitas Sumatra Utara , Sumatera Utara.

Fatimah, Restyana Noor. 2015 Diabetes Melitus Tipe 2, J MAJORITY , Volume 4 Nomor 5, Lampung.

Huang, Banglian. Yiming Yang, ect. 2013. Correlation, Regression and Path Analyses of Seed Yield Components in Crambe abyssinica, a Promising Industrial Oil Crop. American Journal of Plant Sciences, 2013, 4, 42-47.

Kementrian Kesehatan RI. 2014. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2013. Jakrta, Indonesia

Middleton, James A. 2013. A Path Analysis of the Relationship Among Critical Motivational Variables and Achievement in Reform-Oriented Mathematics Curriculum. RMLE Online—Volume 36, No. 8, Georgia.

Muhidin, Sambas A, dan Maman Abdurahman. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian, Bandung: Pustaka Setia.

Munir, Abdul Razak, Aplikasi Analisis Jalur (Path Analisis) dengan menggunakan SPSS versi 12, Universitas Hasanudin, Makasar.

Pedhazur. J. Elazar, 1982. Multiple Regression in Behavioral Research. New York: Hott. Rinehart and Winston.

Pusat Data dan Informasi. 2014. Situasi dan Analisis Diabetes, Infodatin Kementrian Kesehatan RI. Jakarta.

Rahayu, Puji. 2012. Model Jumlah Penangkapan Ikan Laut di Propinsi Jawa Timur dengan Metode Regresi Linier Bertatar. Institut Sepuluh Nopember. Surabaya

Santosa, Purbayu Budi. Ashari, 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Sudaryono, 2011. Aplikasi Analisis ( Path Analysis) Berdasarkan Urutan Variabel dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 17, Nomor 4, Juli 201.

Trisnawat, Shara Kurnia dan Soedijono Setyorogo. 2013. Faktor Risiko Kejadian Diabetes Melitus Tipe II Di Puskesmas Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat Tahun 2012. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 5(1).

Wakhidah, Selly F, 2015. Analisis Jalur untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dari Sektor Pariwisata. Skripsi Institut Sains & Teknologi AKPRIND : Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.