SIMULASI ALIRAN PICOHYDRO 100 WATT PORTABLE PADA HEAD 2 METER

Tito Shantika

Sari


INTISARI

Pembangkit listrik pikohidro merupakan salah satu pembangkit listrik yang masih terus dikembangkan terutama untuk daerah pedesaan yang masih membutuhkan pasokan listrik. Penelitian yang telah dikembangkan yaitu picohydro portabel dengan menggunakan bahan PVC dan generator bekas untuk menghasilkan daya listrik. Dari variasi debit air pada pengujian eksperimental dengan head 2 meter, didapat daya maksimum yang dibangkitkan sebesar 96 W pada sudut sudu turbin 30°. Dari hasil tersebut diperlukan Simulasi Runner Pada Pembangkit Listrik Pikohidro tersebut untuk mengetahui memvalidasi performansi yang tidak tercapai. simulasi aliran dalam runner untuk beberapa sudut serang sudu turbin dengan besarnya sudut yaitu 20°, 30°, 40° dan 50° dan analisis fluida dengan menggunakan ANSYS CFX. Hasil simulasi dengan potensi air dengan head 2 meter didapatkan sudut sudu turbin yang maksimum adalah 20° dengan debit 6,28 liter/s torsi yang dihasilkan 0,689 Nm serta  daya yang dapat dihasilkan sebesar 67 W dengan efisiensi 54,4 %.


Kata Kunci


Pembangkit listrik, pikohidro, Silmulasi aliran, CFD.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ESMAP, 2007. "Technical and Economic Assessment of Off, Mini-grid and Grid Electrification Technologies". ESMAP Technical Paper 121/07.

Frank M. White, 2008. Fluid Mechanics, Sixth Edition, McGrawHill

H. Zainuddin1,et all, 2008. “Investigation on the Performance of Pico-hydro Generation System Using Consuming Water Distributed to Houses”.

Handayanu, 2006, “Pengantar Metode Elemen Hingga”, Jurusan teknik kelautan FTK ITS.

Kaldellis, J.K., Vlachou, D.S. & G. Korbakis, 2005,”Techno-economic evaluation of small hydro power plants in Greece: a complete sensitivity analysis”, Energy Policy, Vol. 33.

Shantika Tito. M Aelxin Putra dan Ryan Cornelius Obaja,2013. “Perekayasaan Pembangkit Listrik Tenaga Air Untuk Penyediaan Listrik Skala Kecil”. Jurnal Riset Industri vol.7 Hal 145,146 dan 147.

Smith, N. and Ranjitkhar, G, 2000. “Nepal Case Study–Part One: Installation and performance of the Pico Power Pack”. Pico Hydro Newsletter.

Williams, A, 2007. “Pico hydro for cost-effective lighting”. Boiling Point Magazine pp. 14-16.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.