PERANCANGAN DAN PEMBUATAN RANGKA DRONE YANG EKONOMIS DAN PRAKTIS

Syahril Sayuti

Sari


INTISARI

Saat ini penggunaan Drone sedang diminati, baik penggunaan untuk sekedar hobi maupun untuk penggunaan yang professional seperti untuk peliputan suatu peristiwa.  Penggunaan drone saat ini masih terkendala oleh masih tingginya harga drone dan masih kurang praktis untuk membawanya, sebagai akibat konstruksi yang relative rumit dan mudah rusak atau patah, Penelitian ini mencoba mencari alternative rangka drone dengan criteria sebagai berikut :Pertama  material untuk rangka drone dengan harganya relative murah dan mudah mendapatkannya. Kedua praktis dalam arti dapat diringkas ketika dibawabawa dan mudah merakit kembali saat akan dioperasikan. Dengan mengukur gaya angkat yang dapat dihasilkan propeller yang dipilih, kami memilih beberapa alternative material kemudian mengukur bobot keseluruhan konstruksi drone, lalu membandingkan dengan total gaya angkat yang dapat dihasilkan propeller, kemudian dihitung kekuatan material tersebut terhadap beban yang diangkat maka akan didapat material yang memenuh isyarat. Sedangkan dari segi konstruksi kami merancang beberapa konstruksi lalu dikaji kemudahan membawa dan keandalan dalam hal bongkar pasang dilapangan. Hasil penelitian kami mendapatkan kontruksi untuk drone dapat menggunakan kayu albasia yang ringan namun mampu menahan bobot total drone dan konstruksi lipat yang mencegah tercecernya atau hilangnya komponen atau bagian-bagian kecil drone saat dibawa-bawa maupun saat bongkar pasang di lapangan.


Kata Kunci


Drone, praktis dan ekonomis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Awaluddin,Dr, 2011, Penelitian Sifat Sifat Fisik dan Mekanik Kayu Glugu dan Kayu Sengon Kawasan Merapi, Lab. Teknik Struktur Jurusan Teknik Sipil UGM, Jogjakarta.

Elizabeth Howell,2015, What is Drone ?, Space.com Contributor, http://www.space.com/29544-what-is-a-drone.html, diaksestgl 17 Oktober 2016.

GopichandAllaka, 2013, Modelling and Analysis of Multicopter Frame and Propeller, International Journal of Research in Engineering and Technology, Volume: 02 Issue: 04 page 481.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.