PENGARUH VARIASI BERAT PENGEMUDI TERHADAP PERANCANGAN KEKUATAN KONSTRUKSI RANGKA SEPEDA HYBRID TRISONA

Bambang Setyono

Sari


INTISARI

Rangka merupakan komponen utama dari konstruksi sepeda yang berfungsi menyangga keseluruhan beban, oleh karena itu perhitungan kekuatan rangka menjadi sesuatu  yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan konstruksi rangka sepeda saat mendapatkan berat pengemudi yang berbeda-beda secara simulasi menggunakan software autodesk inventor. Rangka sepeda hybrid trisona yang dirancang berdiameter 1 inchi, material mild steel  kekuatan tarik maksimum 345 MPa berukuran panjang 1200 mm, lebar 180 mm, dan tinggi 618 mm. Berat pengemudi sepeda disimulasikan mulai dari 0 kg, 65 kg, 85 kg, dan 95 kg. Model rangka di meshing hingga menjadi 60.385 elements dan 119.571 nodes  kemudian di running program sehingga diperoleh hasil analisis distribusi tegangan utama von mises, displacement, dan safety factor. Safety factor terkecil terjadi di sambungan rangka bawah depan dengan rangka depan bagian bawah yaitu 8,93 (0 kg) ; 2,72 (65 kg) ; 2,19 (85 kg) ; 1,99 (95 kg). Safety factor terbesar terjadi di rangka depan bagian atas sebesar 15 untuk semua berat pengemudi. Makin besar berat pengemudi maka   safety factor semakin mengecil, artinya konstruksi semakin tidak aman. Berdasarkan analisis safety factor maka batas maksimal kekuatan rangka adalah beban pengendara 85 kg, untuk beban pengendara 95 kg konstruksi rangka tidak aman.


Kata Kunci


rangka, sepeda hybrid trisona, rangka, von misses , displacement, safety factor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andra Berlianto Tedja, 2012, Analisa Tegangan dan Deformed Shape Pada Rangka Sepeda Fixie, Jurnal Teknik Pomits Vol. 1, No. 1, (2012) 1-5

Bambang Setyono, Setyo Gunawan, 2015. Perancangan dan Analisis Chassis Mobil Listrik “Semut Abang ” Menggunakan Software Autodesk Inventor Pro 2013, Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III 2015 ISBN 978-602-98569-1-0

Dobrovolsky, et al, 1974. Machine Element, Moscow MIR Publishers.

Guitink, P., Holste S., Lebo J., 1994. Non-motorized Transport: Confronting Poverty through Affordable Mobility. http://www.worldbank.org/html/fpd/transport/publicat/td-ut4.htm

Lin, J.-R., Yang, T.-H., 2010. Strategic Design of Public Bicycle Sharing Systems with Service Level Constraints. Transport. Res. Part E

Luiz Carlos Gertz. at al, 2014. Chassis Design for Electric Car Prototype, SAE Technical Paper # 2014-36-2015.

Mahardika, A. P. , 2011. Introducing Autodesk Inventor, Retrieved February 2013, from isometriview http://isometriview.wordpress.com/2011/12/08/ intoducing -to-autodesk inventor.

Pinem, Mhd. Daud,.2010. Analisis Struktur dengan Metode Elemen Hingga (Finite Element Method)., Bandung : Rekayasa Sains.

Waguespack, Curtis. 2013. Mastering Autodesk Inventor 2013 and Autodesk Inventor LT 2013, Sybex.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.