KONVERSI ENERGI TEKANAN PERMUKAAN AIRFOIL FLAP PESAWAT TERBANG SEPANJANG SPAN MENJADI BEBAN STRUKTUR

Tungga Bhimadi

Sari


INTISARI

Latar belakang penelitian adalah terdapat tidak sedikit kebutuhan untuk mendapatkan beban pesawat saat terbang, yang diperoleh dari penjabaran beban aerodinamik sebagai beban angin. Salah satu kebutuhan tersebut adalah upaya mendapakan beban nodal flap sesuai lokasi pada permukaan airfoil yang diinginkan. Bagaimana mendapatkan gaya nodal struktur flap dari prediksi beban angin sebagai energi tekanan pada permukaan flap pesawat terbang, merupakan tujuan penelitian dalam paper ini, agar struktur  dapat dipertimbangkan aman atau tidak dari tinjauan faktor keamanan. Permukaan struktur  merupakan skin dengan penguat yang dipasang pada bagian dalam. Penguat dipasang pada lokasi pertemuan yang memanjang dan melintang atau yang saling tegak lurus dari struktur airfoil flap. Dua kasus energi tekanan menjadi gaya nodal pada flap dengan penampang airfoil NACA, dianalisa. Harga dan lokasi resultan gaya nodal dan resultan gaya dari energi tekanan digunakan untuk analisa  kelayakan dari dua konversi apakah gaya nodal dapat digunakan atau tidak. Kesimpulannya, konversi menjadi gaya nodal dapat diterima.


Kata Kunci


airfoil, flap, nodal, span

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Division, G., W., S., 1983, Part Process Chard number 35-155 Serie, Santoso, B. (ed.): Technical Notes, N/GWS/TN/83-04, IPTN, Bandung.

Bhimadi, T., 1987, Geometri Flap Outer Wing CN-235-100, Technical Notes, N/SA/TN/87-26, Maret 1987, IPTN, Bandung.

Abbott, L. H., C. T. Doenhoff, 1984, .Theory of Wing Section, Vol. 5, Ed.3, Dover Publications Inc., New York,

Saiz, J. C., 1983, Outer Flap Static Test, Technical Reports Doc., no.82-3223, Casa, Spanyol.

Iglesias, Q., V,. 1985, Micsellaneous Load Conditions, Technical Reports Doc., no.84-3106, Casa, Spanyol.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.