SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT KULIT PADA MANUSIA SERTA PENGOBATANNYA MENGGUNAKAN TANAMAN OBAT BERBASIS WEB

Alfiandri Alfiandri

Sari


INTISARI

Kesehatan merupakan hal yang berharga bagi manusia, karena siapa saja dapat mengalami gangguan kesehatan. Penyakit kulit merupakan penyakit yang menyerang manusia dalam kehidupan sehari hari dikarenakan kurangnya kesadaran kebersihan lingkungan ataupun diri sendiri, diantaranya disebabkan oleh faktor iklim, lingkungan, tempat tinggal, kebiasaan hidup kurang sehat, alergi, binatang dan lain lain. Sejak zaman dahulu masyarakat Indonesia mengenal dan memanfaatkan tanaman berkhasiat obat sebagai salah satu upaya dalam penanggulangan masalah kesehatan yang dihadapinya. Pemanfaatan tanaman sebagai obat-obatan di Indonesia juga telah berlangsung ribuan tahun yang lalu. Tanaman obat memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan adalah penyakit kulit. Permasalahan pada penelitian ini adalah membuat program aplikasi untuk pengguna sistem pakar baik untuk para pakar/ahli atau orang awam.  Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sebuah sistem pakar untuk menentukan jenis penyakit kulit berbasis web yang dapat membantu pengguna dalam menentukan jenis-jenis penyakit kulit berdasarkan ciri-ciri fisik dan gejala atau keluhan sampai ditemukannya saran pengobatan berupa informasi mengenai penyakit kulit berserta solusi pengobatannya menggunakan tanaman obat. Pada penelitian ini menggunakan metode Forward Chaining, dan Certainty Factor. dimana metode Forward Chaining sebagai proses pelacakan sedangkan metode Certainty Factor merupakan cara untuk mengukur apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti dalam mendiagnosa penyakit. Penelitian ini telah menghasilkan sistem pakar pendiagnosa penyakit kulit dengan solusi pengobatan menggunakan tanaman obat berbasis web yang dapat mendiagnosa penyakit melalui gejala-gejalanya kemudian memberikan solusi dari setiap penyakit.


Kata Kunci


Sistem pakar, tanaman obat, penyakit kulit, forward chaining, certainty factor.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, F,D., dan Sulastri., 2012, Sistem Pakar PendiagnosaPenyakit Kulit Dengan Pengobatan Madu Berbasis Web, Jurnal Dinamika Informatika, Volume 4 Nomor 1, Maret 2012, ISSN: 2085-3343

Dwiyanto, A, K., 2015, Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia Berbasis Web, Tugas Akhir, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), GrahaIlmu. 2010. Yogyakarta

Marlinda, L., 2015, Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Apotek HIdup Menggunakan Simple Additive Weighting, Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Amik Bina Sarana Informatika., ISSN: 2407-1846, e-ISSN:2460-8416

Sari, I, N., dan Supartha, I,K,D,G., 2014, Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Kulit Pada Sapi Bali Dengan Menggunkan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), Volume 3 Nomor 3, Desember 2014, ISSN: 2089-8673.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.