INTERKONEKSI JEJARING SOSIAL TWITTER DAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB DENGAN MENERAPKAN WEB SERVICE, CRONTAB, DAN API (Study Kasus Jadwal Bimbingan Dosen di IST AKPRIND Yogyakarta)

Catur Iswahyudi

Sari


INTISARI

Penggunaan jejaring media sosial twitter berkembang sangat pesat karena penggunanya dapat berinteraksi dengan pengguna lain melalui komputer maupun perangkat mobile. Pengguna twitter terdiri dari berbagai macam kalangan yang dapat berinteraksi dengan teman, keluarga atau rekan kerja. Berdasarkan hasil survei lapangan pada IST AKPRIND Yogyakarta, mahasiswa yang ingin melakukan bimbingan terkadang sulit untuk bertemu dengan dosen pembimbingnya. Hal ini disebabkan oleh sibuknya jadwal belajar-mengajar dosen dan kegiatan lainnya. Untuk itu dibutuhkan sebuah perantara yang dapat menghubungkan dosen pembimbing dan mahasiswa agar jadwal bimbingan dapat dilaksanakan tanpa harus menggangu jadwal lain. Teknologi media social twitter dapat digunakan sebagai antarmuka untuk mengirimkan jadwal bimbingan dengan sistem informasi yang bertindak sebagai penerima, pengumpul dan pengelola data, kemudian membuat aplikasi untuk menyimpan mention khusus sebagai request pada basisdata sehingga mahasiswa dapat melihat jadwal bimbingan yang up to date. Penelitian ini dilakukan dengan menggabungkan teknologi antara handphone, jejaring sosial twitter dan sistem informasi berbasis PHP, MySQL, dan Web Service dengan menerapkan teknologi Crontab dan API (Application Programming Interface).

Untuk membalas request atau permintaan mahasiswa, diperlukan aplikasi tambahan pada server yaitu menggunakan crontab, fungsi crontab adalah untuk menjalankan file PHP yang berfungsi untuk menyimpan mention yang diterima oleh twitter bimbingan05, dan menjalankan file PHP yang berfungsi untuk mengolah mention, untuk mencari data pada basisdata jadwal bimbingan, kemudian mengirimkan kembali kepada mahasiswa.


Kata Kunci


Twitter, API, Web Service, Crontab, MySQL, Sistem Informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiroho, G. (2013). Aplikasi Augmented Reality pendeteksi penggunaan twitter berbasis Android.

Eka, P. D. (2013). Aplikasi Jogja Tourism Guide Untuk Telepon Genggam Android, Skripsi. Yogyakarta: Institut Sains & Teknologi AKPRIND.

Saputra, A. (2014). API Developer Buku Sakti Para Pengembang Web.

Sutarman. (2003). Menguasai Aplikasi Web tanpa Pemrograman. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Triyono, J. (2014). Penggunaan jejaring sosial Twitter untuk pengelolaan stok bibit tanaman di assosiasi biofarmaka As-Syifa Farma Tempura kecamatan tempura kabupaten magelang, Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, edisi september 2014, lembaga penelitian Jurnal Generic, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, Palembang, Vol.9, No 2, ISSN: 1907-4093 (print), 2087-9814 (online)

Triyono, J. (2015). Sistem Informasi agroteknologi berbasis web dan jejaring sosial Twitter, Inovasi Teknologi Berbasis Industri Kreatif, edisi Maret 2015, lembaga penelitian Industrial Engineering National Conference (IENACO), Kartasura Surakarta, ISSN 2337-4349

Twitter, 04 Maret (2016), Twitter API, https://dev.twitter.com/overview/documentation


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.