TRANSFORMATOR FLYBACK SEBAGAI ALAT PEMBAKAR CUPLAK MENGGUNAKAN FREKUWENSI TINGGI (HF)

Prastyono Eko Pambudi, Beny Firman

Sari


INTISARI

Kutil/cuplak dalam istilah medis disebut papilloma, papilloma sebenarnya adalah sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luat kulit yang berlebihan. Bentuk kutil/cuplak ini bisa bermacam-macam, bisa besar-besar atau juga bisa kecil-kecil. Biasanya memang kalau dipegang tidak sakit, dan kalau sudah sangat besar bisa saja berdarah kalau lecet dan bila sudah besar bentuknya seperti bunga kol. Kutil/cuplak disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini memang menyerang kulit dan salah satu jenis penyakitnya, yaitu menimbulkan kutil/cuplak Penyakit ini dapat menular dengan cara kontak langsung yang terbanyak pada anak-anak, pria dan wanita termasuk dapat menyerang pada binatang terutama sapi ataupun anjing. Penatalaksanaannya/pengambilan kutil/cuplak memerlukan keahlian medis tertentu, yaitu berupa pemberian nitrogen cair, asam vitamin A dalam bentuk krim ataupun menggunakan alat elektrocauterisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah alat operasi/pembakar kutil/cuplak Menggunakan Frekuensi Tinggi (HF) yang dasar kerjanya menggunakan pembangkitan frekuensi tinggi (high frequency), dalam pembuatan pembangkit frekuensi tinggi adalah dengan menggunakan sebuah rangkaian elektro dengan komponen utama transistor sebagai saklar dan transformator fly back sebagai output, sedang pembangkit frekuensi ditentukan oleh oscilator yang terpasang pada kaki basis transistor. Dengan pembangkit frekuensi tinggi yang dapat membangkitkan energi panas pada ujung konduktor inilah alat hasil penelitian dapat membantu penderita kutil/caplak yaitu dengan cara menempelkan ujung konduktor yang berenergi panas ditempelkan pada kutil/cuplak.


Kata Kunci


Operasi kutil/cuplak, frekuensi tinggi, elektrocauter.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bigenzahn, W., Denk, D. M., M, M. B., Kornfehl, J., Grasl, M. C., Ihra, G., et al. (2006). Superimposed high-frequency jet ventilation (SHFJV) for endoscopic laryngotracheal surgery in more than 1500 patients. British Journal of Anaesthesia , 650-9.

HARLAND, C. C., BAMBER, J. C., GUSTERSON, B. A., & MORTIMER, P. S. (2003). High frequency, high resolution B-scan ultrasound in the assessment of skin tumours. British Journal of Dermatology , 128, 525–532.

Rashid. H.M, (1999). Power Elcktronics, Circuits, Devices, and Applications. Englewood Cliff, New Jersey.

Uzzun, S., & YILBAS, A. A. (2015). The use of high frequency jet ventilator in a patient with tracheal papillomatosis. Acta Medica , 28-30.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.