SISTEM AKUISISI DATA DAN MONITORING PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU

R B. Dwiseno Wihadi

Sari


INTISARI

Kincir angin merupakan salah satu jenis pembangkit listrik energi terbarukan yang dapat dikembangkan di Indonesia. Untuk dapat memantau kinerja kincir angin dibuat suatu sistem akuisisi data yang dapat mengumpulkan data-data terkait dengan karakteristik pada kincir angin yang direkam oleh sistem data logger. Sistem ini menggunakan papan Arduino Uno Rev3 sebagai pengirim data sensor yang diterima dari sistem data logger dan data dikirimkan secara nirkabel dengan menggunakan modul radio XBee-PRO (S2B). Data sensor yang dikirimkan adalah sensor tegangan, sensor arus, sensor kecepatan poros kincir, sensor kecepatan angin, dan sensor arah angin. Pengiriman data dilakukan setiap 10 detik, data di tampilkan dalam bentuk teks, animasi alat ukur, tabel, dan grafik serta disimpan sebagai basis data pada aplikasi akuisisi data. Dengan menggunakan kecepatan transfer data 9600 bps, pengiriman data dalam ruang dapat mencapai jarak 50 meter dengan tingkat keberhasilan 92%, sedangkan untuk pengiriman luar ruang dapat mencapai jarak 100 meter dengan tingkat keberhasilan 100%.

 


Kata Kunci


Sistem akuisisi data, Kincir angin, XBee-PRO (S2B), Arduino, MATLAB

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wihadi, D., Iswanjono, dan Rines, Kincir Angin Propeler Berbahan Kayu untuk Kecepatan Angin Tinggi, MediaTenika. 2015; 10(2): 122-131.

Pribadi, F.S., dan Ananta, H., PC Data Logger Berbasis Telemetri, Jurnal Kompetensi Teknik. 2011; 3(1): 57-64.

Carden, F., Jedlicka, R., dan Henry, R., 2002, Telemetry Systems Engineering, Artec House, Inc, London.

Setiawan, R., 2008, Teknik Akuisisi Data, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Artanto, D., 2012, Interaksi Arduino Dan LabVIEW, Gramedia, Jakarta.

Purbo, O.W., 2006, Buku Pegangan Internet Wireless Dan Hospot, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Martanto., Prabowo, P.S., Widyastuti, W., Harini, B.W., Tjendro., Data Logger Energi Listrik Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Produksi IbIKK TE USD, Makalah, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.