SISTEM DATA LOGGER KINCIR ANGIN PROPELLER BERBAHAN KAYU

Martanto Martanto

Sari


INTISARI

Kincir angin merupakan salah satu jenis pembangkit listrik energi terbarukan yang dapat dikembangkan di Indonesia. Untuk dapat memantau kinerja kincir angin dibuat suatu sistem akuisisi data yang dapat mengumpulkan data-data terkait dengan karakteristik pada kincir angin yang direkam oleh sistem data logger. Datalogger ini berfungsi untuk menyimpan data, dimana data tersebut berasal dari sensor tegangan, sensor arus, sensor kompas, sensor kecepatan angin dan sensor kecepatan poros. Sistem ini menggunakan Arduino Uno sebagai pusat pengolahan dari kelima sensor tersebut. Sensor tegangan, sensor arus, dan sensor kompas tersebut akan diambil sampling setiap 0,04 detik,lalu untuk sensor tegangan, sensor arus dan sensor kompas akan diolah samplingnya tadi setiap 0,4 detik, sedangkan untuk sensor kecepatan poros dan sensor kecepatan angin diambil sampling setiap 1 detik, setelah itu akan disimpan setiap 10 detiknya. Sebelum itu hasil pengolahan data akan ditampilkan di LCD 16x2 setiap detiknya. Tingkat keberhasilan sensor tegangan sebesar 97,8%, sensor arus sebesar 96,78%, kompas sebesar 98,1%, sensor kecepatan angin 70,8% dan sensor kecepatan poros sebesar 94,1%.


Kata Kunci


sistem data logger, Kincir angin, Arduino Uno

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Martanto., Prabowo, P.S., Widyastuti, W., Harini, B.W., Tjendro., Data Logger Energi Listrik Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Produksi IbIKK TE USD, Makalah, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Wihadi, D., Iswanjono, dan Rines, Kincir Angin Propeler Berbahan Kayu untuk Kecepatan Angin Tinggi, MediaTenika. 2015; 10(2): 122-131.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.