IMPLEMENTASI KONTROLER TEKANAN PADA MESIN DISTILASI TIPE BOILER UNTUK INDUSTRI MINYAK ATSIRI

Yulianto Yulianto

Sari


INTISARI

Telah banyak dilakukan produksi minyak atsiri daun cengkih sebagai usaha alternatif petani cengkih. Produksinya menggunakan mesin distilasi tipe kukus yaitu dalam satu tangki berisi air dan daun cengkih dipisahkan dengan saringan. Biasanya kapasitas produksi antara 15 – 25 kg per  ton bahan baku, dengan lama kukus 12 jam, berbahan bakar limbah daun cengkih. Usaha ini tidak berkembang, disebabkan: 1) teknologi mesin yang sederhana dengan efisiensi rendah, 2) investasi tinggi, 3) kurangnnya pengetahuan perawatan mesin, dan 4) kualitas produksi rendah. Tujuan kegiatan ini adalah membuat prototipe mesin  distilasi menggunakan kontroler tekanan ruang evaporasi mesin jenis boiler.  Untuk memberikan peningkatan efisiensi proses dan  kualitas produk. Metoda yang digunakan adalah mengimplementasikan kontroler tekanan menggunakan teknologi sistem apung sebagai kontroler.  Kontroler yang dirancang menyesuaikan karakteristik kandungan  daun cengkih. Kapasitas mesin  750 kg bahan baku per proses per unit dengan tekanan 1atm naik secara eksponensial menuju 3 atm pada temperatur antara 100oC - 140oC dalam durasi 6 jam. Dalam pengujian beberapa kali diperlukan pengaturan level air apung dan kecepatan pelepasan air. Dari ujicoba dan  analisis dengan pengaturan level dan kecepatan aliran pelepasan air, diperoleh hasil dengan kesalahan tekanan tidak lebih dari 5 %. Temperatur yang diperoleh adalah antara 100oC sampai dengan 135oC dalam durasi 374 menit.


Kata Kunci


atsiri, distilasi, produksi, tepat guna, usaha

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


F. Hero K. Purba, 2013, Perkembangan Potensi Agribisnis Minyak Atsiri dalam Pemasaran Lokal dan Ekspor, http://heropurba.blogspot.com/ (diunduh 1 April 2014)

Jayanudin, 2011, Komposisi Kimia Minyak Atsiri Daun Cengkih dari Proses Penyulingan Uap, Jurnal Teknik Kimia Indonesia, Vol. 10 No. 1, 37-42, Cilegon.

Sukarsono, Dahroni M., 2005, Pembuatan Alat Distilasi Fraksinasi Minyak Daun Cengkih, Prosiding PPI – PDIPTN 2005 Puslitbang Teknologi Maju – BATAN, hal.66-75, Jogjakarta

Sukarsono, Dahroni I., Sucahyo D.H., 2003, Kajian Pemisahan Komponen-komponen Minyak Cengkih, Prosiding Pertemuan dan Presentasi Iimiah Penelitian Dasar Iimu Pengetahuan dan Teknologi Nuklir Puslitbang Teknologi Maju, P3TM•BATAN, hal. 257-263, Yogyakarta.

Vaad, 2014, Produktivitas Tinggi, Harga Naik Turun, Berita & Press Release, Radar Bromo, http://perumperhutani.com/2014/02/produktivitas-tinggi-harga-naik-turun/ (diunduh tgl 28 Maret 2014)

Yulianto, D. Meilany, B. Priyadi, 2014, Designing and Implementing Exponential Pressure/Temperature Controller Volatiler Oil Distilation Machines, International Journal of Education and Research, Contemporary Research Center, Australia, www.ijer.com


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.