PEMODELAN PELAYANAN KENDARAAN WISATA TAMAN PARKIR NGABEAN MENGGUNAKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Masrul Indrayana

Sari


INTISARI

Taman Parkir Ngabean merupakan eks Stasiun Kereta Api di zaman penjajahan Belanda dan Jepang yang beralih fungsi sebagai tempat parkir. Seiring penataan Kawasan Wisata Kraton dan Malioboro, kapasitas dan fasilitas Taman Parkir Ngabean ditingkatkan dengan membangun sarana parkir portabel bertingkat dengan sarana angkutan pendukung “Si Thole” yang menghubungkan Taman Parkir Ngabean dengan Kraton, Taman Sari dan Taman Pintar. Kebijakan ini tentu saja memiliki dampak positif dan negatif terhadap layanan wisata di Yogyakarta. Untuk itu dipandang perlu merumuskan model pelayanan kendaraan wisata Taman Parkir Ngabean yang dapat memenuhi kriteria keinginan pelaku kebijakan, pengamat dan para wisatawan. Metodologi Quality Function Deployment (QFD) sebagai alat yang sangat teruji dalam merumuskan kualitas suatu jasa telah dikembangkan dengan menggabungkan metodologi-metodologi lainnya termasuk metodologi Analytic Hierarchy Process (AHP). Pengembangan pelayanan kendaraan wisata Si Thole dalam penelitian ini dirumuskan dengan menggunakan metode gabungan QFD dan AHP. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh lima karakteristik pelayanan kendaraan wisata Si Thole yang dipentingkan oleh responden yaitu kenyamanan shelter, pelayanan kondektur, kenyamanan loket, harga tiket dan rute perjalanan. Tindakan teknis yang diperlukan dalam meningkatkan pelayanan kendaraan wisata Si Thole adalah Peninjauan Manajemen Rute, Penataan Ulang Shelter, Peninjauan Harga Tiket, Penataan Ulang Loket dan Pelatihan Kondektur.


Kata Kunci


Kendaraan Wisata, Kualitas Pelayanan, QFD, AHP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Felice, F.D., A.Petrillo, 2010, A Multiple Choice Decision Analysis: An Integrated QFD-AHP Model for The Assessment of Customer Needs, International Journal of Engineering, Science and Technology, Vol.2 No.9, pp:25-38.

Ho, W., 2008, Integrated Analytic Hierarchy Process and Its Application: A literature review, European Jurnal of Operational Research 189: 211-228.

Indrayana, M., 2003, Perancangan Kualitas Layanan Pendidikan dengan Metode QFD dan Servqual Studi Kasus : Jurusan Teknik Industri UWMY, Universitas Widya Mataram Yogyakarta

Indrayana, M., 2012, Rekayasa Model Rantai Pasok Sayuran Segar di Wilayah Propinsi DIY dan Sekitarnya, Laporan Penelitian Hibah Bersaing, Universitas Widya Mataram Yogyakarta

Indrayana, M., Kurniyati, N.N., 2014, Pemodelan Perdagangan Dunia Maya Produk UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta, Laporan Penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Widya Mataram Yogyakrta

Omkarprasad, S. V. & S. Kumar, 2006, Analytic hierarchy process: An overview of applications, European Jurnal of Operational Research 169: 1-29.

Tribun Jogja, 28 November 2014, Shutle Bus Si Thole Hari ini Diluncurkan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.