MODEL PENGARUH PERSEPSI KUALITAS TERHADAP HARGA PRODUK KAOS

Mathilda Sri Lestari

Sari


INTISARI

Harga adalah salah satu keputusan pemasaran yang penting. Setelah usaha keras riset pasar, pengembangan, pengujian, serta manufaktur produk, perusahaan akan memulai panen hasil usaha tersebut dengan penetapan harga. Harga akan menentukan seberapa besar profit yang akan diterima perusahaan, karena profit merupakan selisih antara pendapatan dengan biaya, sedangkan pendapatan merupakan jumlah unit terjual dikalikan harga. Selain oleh faktor tangible berupa biaya produksi, harga produk juga ditentukan oleh faktor intangible yang melekat pada produk tersebut. Faktor intangible adalah faktor nonfisik yang berkontribusi terhadap atau dipergunakan dalam produksi barang dan jasa. Berdasarkan penelitian sebelumnya, faktor intangible yang berpengaruh kuat terhadap harga adalah kualitas produk dan merek. Nilai kualitas suatu produk sebagian besar ditentukan oleh persepsi konsumen atas kualitas tersebut, sesuai dengan pernyataan bahwa yang berpengaruh terhadap harga adalah persepsi kualitas oleh konsumen (perceived quality) dan bukan nilai kualitas sebenarnya yang melekat pada produk (intrinsic quality). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh nilai persepsi kualitas terhadap harga produk, dan mencari model hubungan antara persepsi kualitas dengan harga produk. Objek penelitian sejumlah 6 merek produk dari kategori pakaian (kaos). Metode penilaian persepsi kualitas adalah dengan membandingkan nilai aktual dan nilai harapan tiap faktor pembentuk kualitas. Penilaian dilakukan oleh 45 responden yang merupakan konsumen produk kaos. Nilai persepsi kualitas dan harga produk distandarisasi terhadap nilai rata-ratanya. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara persepsi kualitas terhadap harga produk kaos sebesar 0,76. Model pengaruh nilai persepsi kualitas (X) terhadap harga (Y) adalah Y = 784,31X – 653,81 dan Y = Y = 2136,2X2 + 3284,5X + 1280,8 dengan R2 masing-masing sebesar 0,58 dan 0,59.


Kata Kunci


model, harga, persepsi kualitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker, D., 1996, Measuring Brand Equity Across Products and Markets, California Management Review, Vol. 38, No. 3

Cho, H. J., dan Pucik, V., 2005, Relationship Between Innovativeness, Quality, Growth, Profitability and Market Value, Strategic Management Journal, Vol. 26, No. 6, pp. 555-575, Diakses online pada 30 Desember 2012, URL: http://www.jstor.org/stable/20142249

Fahin, Igna Saffrina. 2011. Analisis Faktor Intangible terhadap Penentuan Harga Produk. Skripsi. Program Studi Teknik Industri Universitas Gadjah Mada.

Jacobson, R., dan Aaker, D. A., 1987, The Strategic Role of Product Quality. Journal of Marketing, Vol. 51, No. 4, pp 31-44, Diakses online pada 30 Desember 2012, URL: http://www.jstor.org/stable/1251246

Kearney, 2012. Pricing : an Eternity of frustation, diakses online tanggal 2 Januari 2014 URL: http://www.atkearney.com/index.php/Publications/pricing.html

Komariah, A., Subagyo, dan Sudiarso, A. (2013). Pengembangan Model Penentuan Harga Produk Fungsional. Prosiding Seminar Smart-Teknosim Jurusan Teknik Mesin dan Industri Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Monroe, K. B., 1990, Pricing : Making Profitable Decision, McGraw-Hill/Irwin

Shahin, A., 2016, SERVQUAL and Model of Service Quality Gaps: A Framework for Determining and Prioritizing Critical Factors in Delivering Quality Services, diakses online pada 20 Oktober 2016 URL : http://www.proserv.nu/b/Docs/Servqual.pdf

White, Allen L. 2006. Business Brief: Intangibles and CSR. Diakses online tanggal 2 Januari 2012. URL: http://bsr.org/reports/BSR_AW_Intangibles-CSR.pdf

Zeithaml, V. A., 1988, Consumer Perception of Price, Quality and Value: A Means-end Model and Synthesis of Evidence, Journal of Marketing, Vol. 52, pp. 2-22

Riyandi, R., 2013, Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek T-Shirt Dark Castle terhadap Loyalitas Pelanggan pada Distro Dark Castle di Plaza Parahyangan Bandung, diakses online tanggal 20 Oktober 2016, URL : http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/701/jbptunikompp-gdl-riyanriyan-35021-11-unikom_r-l.pdf


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.