ANALISIS DAN PENERAPAN ERGONOMI PARTISIPATORI PADA PENGRAJIN PANDAI BESI DI DESA CARIKAN SUKOHARJO

Rahmatul Ahya

Sari


INTISARI

Kelompok pengrajin besi adalah kumpulan dari 7 pengrajin besi yang memproduksi berbagai macam peralatan pertanian ataupun pertukangan. Kelompok ini berdiri sejak tahun 1994 dan bertempat di Carikan Sukoharjo. Lingkungan kerja pada pengrajin ini sangat panas, berdebu dan juga bising. Pengrajin selama bekerja tidak pernah menggunakan alat pelindung diri (APD) karena kurangnya pemahaman tentang pentingnya menggunakan APD, mereka bekerja hanya berdasarkan kebiasaan saja dan tidak pernah mengeluh tentang kesehatannya. Tujuan penelitian adalah menerapan APD agar pengrajin dapat lebih nyaman, aman dalam bekerja sehingga dapat mengurangi beban kerja, keluhan musculoskeletal, dan meningkatkan  produktifitas kerja. Analisis dan penerapan ergonomi partisipatori meliputi gizi kerja, beban kerja, sikap kerja, keluhan muskuluskeletal, kelelahan kerja, lingkungan kerja fisik, dan produktivitas. Metode yang digunakan adalah  dengan menggunakan Focus Group Discussion (FGD) untuk mendapatkan informasi tentang keluhan-keluhan pengrajin, dan mengetahui permasalahan yang ada sehingga peneliti dapat melakukan perbaikan untuk meningkatkan produktiftas selain itu juga dilakukan  evaluasi terhadap gizi kerja, beban kerja, sikap kerja, keluhan musculuskeletal, kelelahan keja, lingkungan kerja fisik, dan produktivitas. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat menurunkan beban kerja, secara keseluruhan keluhan muskuluskeletal menurun 42,92%, keluhan secara  umum menurun 41,59%. Selain itu hasil penelitian juga dapat membuat desain alat penjepit yang baru sehingga pada saat pengrajin menjapit benda kerja tangan pengrajin tidak merakan panas karena pada pegangan diberi pelindung karet selain itu alat ini juga lebih aman dibandingkan dengan alat yang sebelumnya.


Kata Kunci


Pengrajin, Besi, Carikan, Penjepit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Granndjean, E,1993. Fitting the task to the man, 4thedt. Taylor & Francis Inc. London

Ismaro, J. (2007). Pengembangan Ergonomic Performance Index Sebagai Metode Evaluasi Kinerja Ergonomi. (Skripsi): universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Manuaba, A, 2000. Ergonomi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Dalam: Wignyo Soebroto, S,& Wiratno, SE., Eds. Proceedings Seminar Nasional Ergonomi. PT. Guna Widya, Surabaya 1-4.

Sudiajeng, L. (2010). Intervensi Ergonomi pada Organisasi dan stasiun Kerja Meningkatkan Kinerja Mahasiswa dan Menghemat Energi Listrik di Bengkel Kayu Politeknik Negri Bali. (Desertasi). Denpasar: Universitas Udayana.

Tarwaka,dkk, 2004, Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktifitas, Uniba Press, Surakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.