INOVASI PRODUK USAHA OLAHAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA JUAL LELE

Wahjoe Mawardiningsih

Sari


INTISARI

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk mengatasi permasalahan dari kelompok UKM peternak lele ‘Suryono’ selaku mitra 1  dan ‘Sarana Indah’ selaku mitra 2 di Gunungsari,  Ngringo,  Jaten,  Karanganyar  yaitu  kurangnya kreativitas dan inovasi kelompok peternak lele untuk berwirausaha memproduksi berbagai olahan lele, yang memiliki daya tarik tinggi bagi konsumen,  belum mempunyai relasi pemasaran produk dan pangsa pasar yang layak, kurangnya modal usaha mikro, khususnya peralatan dan sarana penunjang lain serta minimnya pengetahuan manajemen pengelolaan usaha lele.

Metode kegiatan yang digunakan adalah memberi motivasi berwirausaha (manajemen), kreativitas dan inovasi mengolah pasca panen, bimbingan dan praktek menggandeng relasi pemasaran produk, memberikan modal usaha mikro khususnya peralatan dan sarana penunjang (alat/mesin) dan memberikan bimbingan pengelolaan usaha lele dan manajemen keuangan usaha.

Hasil pengabdian masyarakat, mitra mampu memproduksi 3 jenis olahan lele (abon lele, krupuk lele, nugget lele),  terjalinnya kerjasama dengan beberapa toko atau konsumen, terbentuknya jiwa wirausaha bagi anggota kelompok peternak lele dan meningkatnya kreativitas anggota kelompok peternak lele dalam manajemen usaha olahan. Produk olahan kering dibuat oleh mitra sesuai dengan kesediaan bahan (lele segar). Selain itu telah dibuatnya pemasaran secara online dan branding olahan kering, seperti abon, kerupuk dan nugget.


Kata Kunci


Olahan lele, kemasan, pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonymous, 2009. Bahan Seminar Penyuluh KP, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Departemen Kelautan dan Perikanan RI.

Anonymous, 2011 Formulasi Pakan Permentasi dan Teknik Pembuatan Pakan Alternatif dengan Bahan Baku Utama Sludge (kotoran sapi), Makalah. Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jawa Timur, Unit Pengelola Budidaya Air Tawar Kepanjen-Malang.

Ferdian, Fajar. Maulina, Ine. Rosidah, 2012. Analisis Permintaan Lele Dumbo (Clarias gariepinus) di Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jurnal Perikanan dan Kelautan, Vol.3, No. 4, 93-98

Hastuti, S., 2010, Lele Kuning Dan Eliminasi Populasinya Melalui Aplikasi Sistem Budidaya Ikan Gyhienis Di Kampung Lele Boyolali, Tahap I: Identifikasi lele kuning. Laporan Hasil Penelitian Hibah Kompetensi.

Khairuman dan K. Amri. 2009. Peluang Usaha dan Teknik Budidaya Lele Sangkuriang. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Morissan, 2010, Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu, edisi 1, Kencana Jakarta.

Nurjana D.J., 2010, Analisis Proksimat daun Singkong, Departemen IImu Nutrisi dan Teknologi Pakan. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

https://nutroffish.wordpress.com/2011/page/3/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.