KONDISI GEOLOGI DAN ANALISIS TINGKAT POROSITAS DAN PERMEABILITAS BATUPASIR PADA REMBESAN MINYAKBUMI DI FORMASI KEREK SEBAGAI RESERVOIR MINYAKBUMI DAERAH REPAKING DAN SEKITARNYA, KECAMATAN WONOSEGORO, KABUPATEN BOYOLALI, PROVINSI JAWA TENGAH

Miftahussalam Miftahussalam

Sari


Daerah penelitian terletak di Zona Kendeng, secara administrative berada pada Desa Repaking, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali Propinsi Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seperti apa kondisi geologi daerah telitian. Penelitian ini juga untuk mengetahui seperti apa tatanan geologi pada daerah tersebut ditinjau dari petroleum system-nya lebih khusus lagi pada karakter porositas dan permeabilitas batupasir gampingan yang diasumsikan sebagai reservoir minyakbumi.Metode yangdigunakan adalah dengan pengambilan data geologi permukaan. Kemudian data lapangan yang telah terkumpul ditindaklanjuti dengan tahap pasca lapangan berupa analisis laboratorium dan analisis di studio.Fisiografi daerah penelitian adalah bergelombang sedang sampai lemah akibat kontrol dari struktur geologi yang ada. Stuktur geologi yang berkembang berupa sesar naik dan mendatar yang sebelumnya memotong kompleks lipatan pada daerah penelitian. Struktur geologi tersebut menyebabkan lokasi penelitian menjadi lokasi yang baik untuk terbentuknya petroleum system. Batupasir gampingan sebagai reservoir, napal sebagai batuan penutup dan sesar-sesar yang memotong lipatan-lipatan pada daerah penelitian sebagai jalur migrasi minyakbumi. Hasil uji porositas dan permeabilitas, satuan batupasir gampingan menunjukan bahwa batupasir gampingan pada lokasi penelitian memiliki potensi untuk menjadi reservoir minyakbumi yang baik.


Kata Kunci


geologi, minyakbumi, reservoir, porositas, permeabilitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Blow, W. H., 1969, Late Middle Eocene to Recent Planktonic Foraminifera Biostratigraphy, Leideen Nederland, E. J, Vol 1, Geneva.

Fossen, H., 2010, Structural geology, Cambridge University Press, New York.

Harsono, P., 1983. Stratigrafi daerah Mandala Rembang dan sekitarnya, Jakarta.

Koesoemadinata, R.P., 1980, Geologi Minyak Dan Gasbumi Edisi Kedua Jilid I, ITB, Bandung.

Koesoemadinata, R.P., 1980, Geologi Minyak Dan Gasbumi Edisi Kedua Jilid 2, ITB, Bandung.

Van Bemmelen, R. W., 1949, The Geology of Indonesia, Vol IA, Govement Printing Office, The Haque Martinus Nijhroff.

Walker, R., 1984, Facies Model, 2nd Editoin, Mc Master University, Ontario, Canad.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.