PENGEMBANGAN APLIKASI ANALISIS KUALITAS WEBSITEE-GOVERNMENTDENGAN METODE E-GOVQUAL DAN SERVQUALMENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL (STUDI KASUS: WEBSITE PEMERINTAH TINGKAT KABUPATEN/KOTA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Ririn Septrisulviani, Edhy Sutanta, Amir Hamzah

Sari


Website e-government merupakan suatu portal informasi yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten/Kota yang memiliki kualitas berbeda-beda satu sama lain sehingga perlu dievaluasi berdasarkan kepuasan pengguna. Pengukuran kualitas berdasarkan persepsi dan harapan pengguna dapat menjadi masukan agar websitee-government dapat dikembangkan lebih baik lagi. Oleh karena itu diperlukan pengembangan aplikasi analisis untuk mengetahui apakah website e-government sudah baik atau belum. Metode pengukuran analisis yang digunakan adalah e-GovQual dan ServQual.
Penelitian ini mengembangkan aplikasi untuk mengetahui dan mengevaluasi kualitas website e-government berdasarkan kepuasan pengguna. Perhitungan analisis kualitas dilakukan menggunakan metode e-GovQual dan ServQual yang terdiri dari dimensi easy of use, trust, functionality, reliability, content, citizen, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles. Data yang diolah merupakan data dari para responden yang telah terdaftar di dalam aplikasi dan telah melakukan pengisian kuesioner. Nilai akhir dari perhitungannya merupakan nilai Customer Satisfaction Index dan kesenjangan.
Sehingga dengan adanya aplikasi ini perhitungan analisis terhadap kualitas website e-government dapat lebih mudah dan cepat dan dapat menjadi sarana informasi untuk masyarakat dalam menemukan peringkat website e-government.
Kata kunci: website, kualitas website, e-GovQual, ServQual, Customer Satisfaction Index


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.