APLIKASI DISTRIBUTOR BERBASIS WEB UNTUK MENANGGULANGI DISTORSI INFORMASI PADA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT BAGIAN DISTRIBUTOR PADA PT.MADUBARU

Renggana Surya Ramadhan, Erfanti Fatkhiyah, Dina Andayati

Sari


Distorsi informasi adalah perubahan informasi yang tidak tersinkronisasi. Informasi permintaan konsumen terhadap produk retalif stabil dari waktu ke waktu. penerapan Supply chain managemen (SCM) di dalam sistem aplikasi distributor berbasis web adalah suatu yang melibatkan semua kegiatan baik distributor maupun retailer yang melibatkan suatu kontrol dalam penyaluran barang, penyimpanan barang supaya tidak merugikan distributor dan retailer. Distorsi informasi menjadi salah satu penyebab kendala dalam supply chain yang efisien.
Bullwhip effect adalah suatu kejadian ketika retailer memesan dengan jumlah yang banyak serta dalam penjualan yang tidak stabil yang menyebabkan distorsi informasi dan menimbulkan bullwhip effect. Aplikasi distributor atau Information sharing system ini dibangun berbasis website. Sistem berbasis website ini mengolah product order yang telah dipesan oleh retailer agar informasi proses menunggu, diterima, maupun ditolak cepat diterima oleh para retailer yang mengolah data order dan demand sesuai dengan penerapan sistem pembayarannya masing-masing. Pengolahan data order dan demand dapat menghasilkan bullwhip effect jika data sebanyak N=12 atau setahun penuh. Terjadinya bullwhip effect ditandai dengan nilai BEi>1. Sistem ini diharapkan mampu mengurangi terjadinya bullwhip effect.
Aplikasi distributor berbasis web dibangun dengan 3 aktor yaitu distributor, retailer putus dan retailer kredit atau konsinyasi. Aplikasi distributor berbasis web bisa mengatur jumlah order yang diminta oleh retailer, secara bersamaan distributor memberikan informasi secara cepat dan tepat ke retailer yang bertujuanuntuk meminimalisir distorsi informasi yang dapat memicu terjadinya bullwhip effect.
Kata kunci: bullwhip effect, SCM, PHP, infotmation sharing system.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.