SISTEM SELEKSI PENGKREDITAN MODAL USAHA PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT ARGO JAYA,KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Rai Alviani D.Y, Amir Hamzah, Dina Andayati

Sari


BPR (Bank Pengkreditan Rakyat) menjadi solusi bagi masyarakat kecil yang memerlukan pendanaan dalam usahanya. Para pengusaha menengah keatas juga mulai memilih BPR sebagai sarana kredit untuk mengembangkan usahanya, yang nantinya tidak akan menutup kemungkinan usaha mereka akan menjadi lebih besar sehingga akan mengurangi tingkat pengangguran di kota atau bahkan di desa.
Dengan perkembangan dunia usaha, menarik minat masyarakat untuk meminjam modal pada BPR, namun banyak BPR di daerah yang masih menerapkan sistem yang manual dalam menjalankan pekerjaannya, seperti seleksi pengkreditan modal usaha.
Sistem Seleksi Pengkreditan Modal Usaha Pada PT. BPR Argo Jaya berbasis website, dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Perancangan program dibuat dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML).
Penilaian pengajuan pinjaman menggunakan 5 kriteria sebagai acuan penilaian keputusan. Pada penelitian ini. Penulis menggunakan data sebanyak 7 orang yang mengajukan pinjaman modal usaha untuk pengujian, hasil penilaian dari aplikasi ini adalah berupa status “Memenuhi Kriteria” untuk dapat dilakukan survei lapangan oleh pegawai BPR. Argo Jaya.
Kata Kunci: Bank Perkreditan Rakyat, Unified Modeling Language, Kriteria


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.