SISTEM PAKAR PENDETEKSI KERUSAKAN PADA KAMERA DSLR MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Juewanto ., Muhammad Sholeh, Erfanti Fatkhiyah

Sari


Dalam era digital memungkinkan semua orang untuk melakukan apa saja termasuk untuk mendokumentasikan momen-momen dengan kamera digital berbasis Digital Single Lens Reflex, namun terkadang penggunaan yang tidak sesuai prosedur dapat mengakibatkan kerusakan pada kamera. Sebagai orang awam tentunya akan bingung dengan masalah yang timbul ketika terjadi kerusakan dan mereka akan lebih memutuskan untuk membeli yang baru atau menjualnya, padahal kamera yang rusak masih dapat diperbaiki sendiri maupun oleh teknisi ahli.
Untuk menyelesaikan masalah yang ada, maka dibuatlah sebuah Sistem Pakar berbasis web untuk mendiagnosa kerusakan pada kamera Digital Single Lens Reflex, dengan berbagai metode untuk menghasilkan aplikasi yang akan dibuat mulai dari wawancara dengan teknisi ahli untuk menentukan berbagai parameter-parameter yang akan digunakan hingga pemilihan Certainty Factor sebagai algoritma perhitungan untuk perancangan dan implementasi sistem.
Hasil dari aplikasi sistem pakar ini dapat mendiagnosa kerusakan-kerusakan pada kamera Digital Single Lens Reflex beserta jenis kerusakan apa yang terjadi dan solusi alternatif. Sehingga setelah dibuatnya aplikasi ini dapat membantu orang untuk lebih peka terhadap kondisi kamera Digital Single Lens Reflex yang dimiliki, baik dari sisi perawatan, hingga perbaikan jika terjadi kerusakan sederhana.
Kata Kunci :Diagnosa, Digital Single Lens Reflex,Sistem Pakar, Certainty Factor.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.