PEMANFAATAN METODE LOCATION BASED SERVICE PADA APLIKASI PENCARIAN LOKASI RUMAH IBADAH TERDEKAT DI KOTA PALU BERBASIS ANDROID

I Wayan Archly Fianto Fanuel, Edhy Sutanta, Uning Lestari

Sari


Kota Palu merupakan ibu kota Sulawesi Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat dan Utara, Kabupaten Sigi di sebelah selatan, dan Kabupaten Parigi Moutong di sebelah timur. Kota Palu merupakan kota lima dimensi yang terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk. Koordinatnya adalah 0,35-1,20 LU dan 120-122,90 BT. Kota Palu memiliki lebih dari 403 bangunan rumah ibadahyang tersebar dan sulit diketahui oleh pendatang terutama para wisatawan.Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah sistem dengan memanfaatkan metode LBS untuk aplikasi pencarian rumah ibadah terdekat di Kota Palu.
Location Based Service (LBS) atau layanan berbasis lokasi merupakansuatu layanan yang bereaksi aktif terhadap perubahan entitas posisi sehingga mampu mendeteksi letak objek dan memberikan layanan sesuai dengan letak objek yang telah diketahui. Android merupakan generasi mobile platform yang memungkinkan pengembang untuk melakukanpengembangan sesuai dengan yang diharapkan.Pengembang mendapat keuntungan dari perangkat tambahan seperti perbaikan dan mendistribusikan ulang pekerjaan di bawah lisensi.
Hasil penelitian ini menghasilkan aplikasi yang memudahkan masyarakat lokal, pendatang dan wisatawan dalam menemukan informasi, lokasi terdekat, dan rute menuju lokasi rumah ibadah yang ada di kota Palu. Aplikasi dibuat memanfaatkan metode LBS untuk pencarian lokasi rumah ibadah. Aplikasi yang dibuat menggunakan 2 sistem, yaitu sisi administrator dengan berbasis web dan kordinator serta pengguna berbasis android.
Kata kunci: LBS, Android, Rumah ibadah, Palu.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.