APLIKASI TRANSLITERASI BAHASA SUNDA THE APPLICATION OF SUNDANESE LANGUAGE TRANSLITERATION

Dini Pujiatin, Uning Lestari, Erma Susanti

Sari


Bahasa daerah adalah suatu bahasa yang dituturkan di suatu wilayah dalam sebuah negara kebangsaan, apakah itu pada suatu daerah kecil, negara bagian federal atau provinsi, atau daerah yang lebih luas. Salah satu diantaranya Bahasa Sunda di daerah Jawa Barat. Bahasa sunda bukan lagi merupakan bahasa ibu/bahasa pertama di daerah sendiri, tetapi sudah dijadikan bahasa kedua setelah bahasa indonesia. Aplikasi transliterasi bahasa sunda diharapkan dapat melestarikan bahasa sunda sebagai salah satu bahasa daerah di Indonesia.
Aplikasi Transliterasi Bahasa Sunda dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan perancangan program dibuat dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Database yang digunakan dalam aplikasi transliterasi bahasa sunda adalah MySQL. Editor program menggunakan Sublime Text 3.
Aplikasi transliterasi bahasa sunda memiliki 2 level pengguna, yaitu admin dan pengunjung. Admin bertugas untuk mengelola kata-kata yang akan di transliterasikan, sedangkan pengunjung adalah masyarakat umum yang menggunakan aplikasi ini. Proses transliterasi dapat dilakukan dari bahasa Indonesia ke bahasa sunda halus dan bahasa sunda kasar, dari bahasa sunda halus ke bahasa Indonesia dan bahasa sunda kasar, dan dari bahasa sunda kasar ke bahasa indonesia dan bahasa sunda halus. Aplikasi bersifat web sehingga dapat di akses dari browser laptop tanpa harus melakukan instalasi program. Aplikasi juga mampu memberikan tampilan sesuai jenis browser yang mengaksesnya, misalnya jika yang mengakses melalui smartphone, maka tampilan aplikasi yang muncul adalah tampilan versi mobile.
Kata kunci: Bahasa daerah, Aplikasi, Sunda, MySQL.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.