IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI MASA STUDI MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITME C4.5 (STUDI KASUS: JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA, INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA)

Dwi Asih Sapta Arga, Edhy Sutanta, Uning Lestari

Sari


Pemodelan prediksi merupakan salah satu model data mining yang dapat diterapkan untuk memprediksi masa studi mahasiswa. Salah satu algoritme yang dapat diterapkan dalam prediction modelling adalah C4.5. Dengan menggunakan algoritmeC4.5, Program Studi dapat memprediksi masa studi mahasiswa berdasarkan data kasus yang sudah ada.Data kasus tersebut dapat berupa jumlah SKS yang sudah ditempuh saat semester 7, IPK mahasiswa saat semester 7, matakuliah konsentrasi yang diambil mahasiswa dan asal sekolah mahasiswa Program Studi dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masa studi mahasiswa, dan diharapkan dapat memprediksi waktu masa studi seorang mahasiswa.
Berdasarkan hasil evaluasi terhadap perangkat lunak yangdibangun, algoritme C4.5 mampu mengklasifikasikan mahasiswa ke dalam kelas-kelasyang telah ditentukan sebelumnya dengan nilai error 27.75% dan nilai akurasi 72,25%.
Kata kunci: prediksi, masa studi, data mining, algoritmeC4.5


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.