PERANCANGAN GARASI BERTINGKAT DENGAN SISTEM CARLIFT HIDROLIK

Ilham Setiawan

Sari


ABSTRAK

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun selalu ada inovasi yang berguna bagi kehidupan manusia, dan itu berjalan sejalan dengan perkembangan manusia sehingga lahan kosong semakin berkurang dan secara langsung juga mempengaruhi tempat parkir, jadi dengan garasi bertingkat dapat menjadi salah satu solusi untuk lahan yang semakin berkurang.

Dalam perancangan Garasi bertingkat dengan sistem carlift hidrolik bertujuan untuk menghasilkan rancangan yang telah melewati proses dan analisa dan menghasilkan dimensi komponen sistem hidrolik yang dapat bekerja dengan aman, Sistem carlift hidrolik dipilih karena lebih efektif. Penggunaan energi fluida bertekanan untuk menggerakkan dan mengontrol gerakan-gerakan dari aktuator.

Awal perancangan adalah menentukan kapasitas angkat dari hidrolik dengan beban keseluruhan dan toleransi 60 %, selanjutnya dapat menentukan diameter aktuator dan tenaga pengerak.

Dalam perancangan ini tenaga dari carlift menggunakan sistem hidrolik dengan tekanan 134 bar, carlift ini menggunakan satu buah aktuator dengan kapasitas angkat 10 ton dan berat carlift total 8500 kg, menggunakan pompa hidrolik roda gigi luar dan daya pompa sebesar 37 KW.

Kata kunci : lahan, carlift, hidrolik, actuator.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.