PERANCANGAN MOTOR BENSIN EMPAT LANGKAH DENGAN SISTEM FUEL INJECTION KAPASITAS 1400 CC UNTUK MOBIL PENUMPANG

Bowo Wahyu Sukoco

Sari


ABSTRAK

Beranekaragamnya mobil yang berada di pasaran, memacu perusahaan otomotif untuk bersaing menciptakan mobil jenis baru dengan kualitas kenyamanan dan  keamanan yang lebih baik serta harga yang ekonomis. Di Indonesia salah satu jenis mobil yang banyak digunakan sebagai alat transportasi dengan kapasitas kecil adalah jenis MPV (Multi Purpose Vehicle).

Perancangan motor bensin empat langkah dengan empat silinder untuk kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan delapan penumpang, meliputi : Bahan bakar kendaraan premium (bensin), volume langkah (kapasitas mesin) 1400 cc, sistem bahan bakar injection, beban angkut 8 Penumpang. Perancangan meliputi bagian utama mesin : silinder dan silinder liner, kepala silinder, piston dan kelengkapannya, conecting rod dan poros engkol, poros cam, dan katup dan kelengkapnnya.

Hasil perancangan motor bensin empat langkah dengan empat silinder untuk kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan delapan penumpang, dapat disimpulkan sebagai berikut: Daya kuda yang dibutuhkan untuk kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan delapan penumpang  menggunakan motor bensin empat langkah dengan empat silinder  1400 cc adalah 87 HP pada 5222 rpm . Komponen utama motor bensin empat langkah dengan empat silinder 1400 cc untuk untuk kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan delapan penumpang, terdiri dari: silinder liner, piston, pena piston, ring piston (ring oli dan ring kompresi), kepala silinder, batang penggerak (connecting rods), poros engkol (crank shaft), katup (valve), pegas katup, poros bubungan (cam shaft)

Kata Kunci : Kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle), Motor Bensin 4 Langkah, Kapasitas Mesin 1400 cc, Komponen Motor Bensin

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.