PENGARUH TEMPER DENGAN MEDIA QUENCH OLI MESRAN SAE 20W-50 TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA SPROKET

Rachmat Destrianto

Sari


ABSTRAK

                Pemakaian baja dalam kehidupan sehari-hari mensyaratkan faktor keuletan, kekerasan, tahan aus dan sebagainya. Peningkatan kualitas baja ini dapat dilakukan dengan cara penambahan unsur atau dengan melakukan perlakuan panas (heat treatment) pada baja.

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh temper dengan quench media oli SAE 20W – 50 terhadap karakter fisis dan mekanis pada baja karbon.proses temper dilakukan dengan suhu 200 – 4000C dalam waktu 1 – 2 jam pemanasan dan quenching pada suhu 8500C dengan waktu penahanan 20 menit. Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah sprocket sepeda motor suzuki satria fu 150 dengan tiga merek berbeda.

                Metode yang digunakan adalah metode experimental yang dilakukan dengan penekanan pada karakteristik mekanik (kekuatan kekerasan) dan fisis (struktur mikro) bahan percobaan yang dilakukan adalah dengan mengkomparasikan dua buah keaadaan spesimen yang telah mengalami perlakuan panas yaitu proses temper dan quench, dan yang kedua adalah kelompok spesimen yang tidak mengalami perlakuan temper dan quench, masing masing berjumlah 3 spesimen sprocket yang diperoleh dipasaran dengan beda merek dan kualitas berbeda dengan tingkat kualitas lebih rendah dari sprocket asli.

                Pengujian struktur mikro menunjukan struktur mikro terdiri dari ferit dan perlit, setelah dilakukan quench dan temper terjadi perubahan dimana butiran ferit pada quench lebih kecil dan mengalami pembesaran pada saat di temper, kekerasan rata – rata pada saat sebelum quench yang paling tinggi dimiliki spesimen X dengan nilai kekerasan 75.6667 HRC dengan kadar karbon 1,07% dan yang paling rendah adalah spesimen Y dengan nilai kekerasan 38 HRC dengan kandungan karbon 0,194%. Nilai kekerasan terbesar pada saat sesudah perlakuan panas adalah SGP dengan nilai kekerasan 68.5 HRC dan terendah adalah spesimen Y adalah 27.5 HRC

Kata kunci : Temper, Quench, Sprocket.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.