ANALISA PENGARUH TEMPERATUR PROSES TERHADAP PRODUK PLASTIC INJECTION MOLDING MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK SIMULATION MOLDFLOW ADVISER 2014

Refendi Ganendra

Sari


ABSTRAK

Plastic injection molding digunakan lebih dari 90% untuk pemrosesan plastik jenis thermoplastik dimana dalam penelitian ini thermoplastik yang digunakan adalah High Density Polyethylene (HDPE). High Density Polyethylene (HDPE) yang diproses menggunakan mesin injection molding memiliki parameter proses yang sudah direkomendasikan. Salah satu parameter tersebut adalah temperatur proses atau juga sering disebut melting temperture. Temperatur proses yang direkomendasikan untuk material HDPE adalah 180C - 240C dimana penelitian ini akan menggunakan empat varian temperatur proses dalam rekomendasi tersebut yaitu 180C, 200C, 220C dan 240C namun akan diproses dengan waktu siklus (cycle time) yang sama. Temperatur proses merupakan salah satu parameter penting yang sangat berpengaruh terhadap kualitas produk. Temperatur proses yang tidak sesuai dengan parameter proses lain dalam plastic injection molding (PIM) akan mempengaruhi kualitas atau menimbulkan cacat produk.

Perangkat lunak CAE berupa software Autodesk Simulation Moldflow Adviser 2014 digunakan untuk membantu engineer menganalisa produk hasil injection molding dengan parameter proses yang sudah ditentukan. Cara ini biasa digunakan dalam industri manufaktur plastik guna mengurangi waktu dan biaya produksi.

Kata kunci : PIM, HDPE, Temperature proses, Kualitas, Cacat produk.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.