OPTIMALISASI DESIGN SLIDING CONTROL GAS-FLOW PADA CONVERTER KIT LPG TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR 4 TAK 112cc

Muhammad Juniansyah S

Sari


ABSTRAK

Konsumsi bahan bakar minyak dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Sementara cadangan minyak bumi Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami penurunan. Penggunaan Bahan bakar gas LPG (liquefied petroluem gas) dalam hal ini sebagai pengganti BBM diharapkan mampu mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) nasional serta dapat menurunkan emisi gas buang motor bakar. Dalam penelitian ini akan dibuat desain alat untuk mengkonversi motor bakar BBM menjadi BBG yang dinamakan conventer kit.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan 3 desain conventer kit sebagai alat untuk pengaturan aliran gas LPG yang diterapkan pada motor 4 langkah dengan pengujian daya, torsi, SFC dan emisi gas buang. Ketiga desain conventer kit memiliki desain komponen yang berbeda-beda dan akan dibandingkan peforma untuk masing-masin desain conventer kit.

Dengan penelitian ini diharapkan dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing desain berdasarkan analisa nilai hasil pengujian performa mesin yang berupa daya, torsi dan SFC. Selain itu nilai emisi gas buang juga digunakan sebagai acuan untuk menganalisa hasil desain.

Kata Kunci : Desain Conventer Kit, Peforma Mesin, Emisi Gas Buang.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.