PENGARUH DURASI LIFT KATUP DAN LOBE SEPARATION ANGLE CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN EMPAT LANGKAH

Adi Sucipto

Sari


ABSTRAK

Camshaft (istilah bengkel: noken as) merupakan salah satu mekanisme penggerak katup (valve). Di dalam motor empat langkah terdiri dari dua jenis katup, yaitu katub hisap (intake valve) dan katub buang (exhaust valve). Katup hisap berfungsi untuk mengatur aliran campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder motor. Bagian-bagian camshaft seperti valve lift (jarak angkat katup), valve lift duration (lama angkat katup), valve lift timing (waktu angkat katup), lobe separation angle (LSA) dan overlap akan mempengaruhi banyak sedikitnya campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar.

Penelitian pengaruh durasi lift katup dan lobe separation angle camshaft terhadap unjuk kerja motor bensin empat langkah, meliputi : Bahan penelitian  engine sepeda motor HONDA GL 100 menggunakan bahan bakar premium. Pengujian meliputi pengujian torsi dan daya menggunakan dynometer, pengujian konsumsi bahan bakar spesifik. Penelitian pengaruh durasi lift katup dan lobe separation angle camshaft terhadap unjuk kerja motor bensin empat langkah, memperoleh hasil sebagai berikut :  Jangkuan putaran mesin sepeda motor dengan LSA camshaft modifikasi (C95) lebih panjang dibandingkan dengan mesin sepeda motor dengan LSA camshaft standar (C105), yaitu : Mesin sepeda motor dengan LSA C95 jangkauan putarannya 4250 – 10000 rpm. Mesin sepeda motor dengan LSA C105 jangkauan putarannya 5000 – 9750 rpm. Pada LSA C105 menghasilkan torsi maksimum 17,56 N.m pada 7321 rpm. Mesin sepeda motor LSA 95 menghasilkan torsi maksimum 8,78 N.m pada 4979 rpm. Pada LSA C95 menghasilkan daya maksimum 19,6 HP pada 7694 rpm. pada LSA C105 menghasilkan daya maksimum 18,7 HP pada 7705 rpm. Pada  LSA C105 terendah 0,0358 kg/HP.jam pada putaran 7000 rpm, tertinggi 0,0614 kg/HP.jam pada putaran 8000 rpm, pada LSA C95 terendah 0,0325 kg/HP.jam pada putaran 5000 rpm, tertinggi adalah 0,0818 kg/HP.jam pada putaran 8000 rpm. Mesin sepeda motor dengan LSA C95 lebih ramah lingkungan di bandingkan dengan mesin sepeda motor dengan LSA C105, mesin sepeda motor dengan LSA C105 dengan HC 930 ppm.vol, sedangkan mesin sepeda motor dengan LSA C95 dengan HC 597 ppm.vol

Kata Kunci : Camshaft, lobe separation angle, valve lift timing, valve lift duration


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.