Analisis Usabilitas pada Tokopedia Versi Mobile Application dan Versi Mobile Website

Lina Dianati Fathimahhayati

Sari


E-commerce atau jual beli secara online merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi informasi. Salah satu situs e-commerce yang cukup diminati masyarakat adalah situs www.tokopedia.com yang merupakan situs lokal Indonesia. Situs ini dapat diakses pada mobile website maupun dengan mobile application.  Tokopedia sebagai media yang dapat membantu manusia dalam melakukan proses jual beli tentunya juga harus memenuhi persyaratan yang ergonomis agar memaksimalkan fungsi media tersebut. Produk yang ergonomis harus memenuhi beberapa syarat, salah satunya adalah produk tersebut harus mudah dan nyaman digunakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan pengujian usabilitas pada situs Tokopedia baik versi mobile website maupun versi mobile application.

Pengujian usabilitas pada Tokopedia versi mobile website maupun versi mobile application dilakukan dengan dengan metode Performance Measurement dan kuisioner. Responden yang digunakan dalam pengujian ini adalah 8 orang mahasiswa yang dipilih secara acak. Masing-masing responden ditugaskan untuk melakukan pembelian suatu produk di Tokopedia melalui beberapa tahapan task. Waktu setiap pelaksanaan task diukur dan dicatat. Setelah mengerjakan task, responden diminta untuk mengisi kuisioner USE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usabilitas Tokopedia versi mobile application lebih baik dibandingkan dengan versi mobile website. Hal ini ditunjukkan dari waktu pembelajaran dan penyelesaian tugas yang lebih cepat secara signifikan jika menggunakan versi mobile application dibandingkan dengan versi mobile website. Selain itu, tingkat kesalahan yang dilakukan jika menggunakan Tokopedia versi mobile application juga lebih sedikit dibandingkan dengan versi mobile website. Hasil perhitungan skor kuisioner juga menunjukkan bahwa nilai aspek kegunaan, kemudahan, dan kepuasan pada Tokopedia versi mobile application lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan versi mobile website. Rata-rata nilai kuisioner untuk Tokopedia versi mobile application adalah 5,07 dan versi mobile website adalah 3,92.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Creative Commons License
Jurnal Teknologi by Institut Sains & Teknologi AKPRIND is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JURNAL TEKNOLOGI
website: http://journal.akprind.ac.id/
online system: http://journal.akprind.ac.id/index.php/jurtek
Phone: +62 (274)  563029 ext 113
Fax    : +62 (274)