ANALISIS RETENSI PENGUNJUNG BIOSKOP DI JAKARTA MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL

Ronald Sukwadi, Margaretha Cindy Gammadita

Sari


Perusahaan yang menawarkan program loyalitas percaya bahwa program loyalitas yang mereka tawarkan memiliki efek positif jangka panjang terhadap retensi pelanggan. Hampir seluruh perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis menerapkan program loyalitas untuk mencegah pelanggan mereka berpindah ke kompetitor. Pada kenyataannya, dampak dari pengalaman layanan terhadap retensi pelanggan juga penting bagi penyedia layanan jasa. Kepuasan pelanggan memiliki peran penting untuk semua perusahaan karena pengaruhnya terhadap pembelian ulang dan rekomendasi dari mulut ke mulut. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh program loyalitas, pengalaman layanan dan kepuasan konsumen terhadap retensi pengunjung bioskop di Jakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan program loyalitas, pengalaman layanan dan kepuasan konsumen memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap retensi pengunjung bioskop di Jakarta.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, S. (2003). Manajemen Pemasaran Jasa, Jilid 1. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Bolton, R. N., Kannan, P. K., & Bramlett, M. D. (2000). Implication of loyalty program membership and service experience for customer retention and value, Journal of the Academy of Marketing Science, 28(1), 95-108.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Manhas, P. S., & Tukamushaba, E. K. (2015). Understanding service experience and its impact on brand image in hospitality sector, International Journal of Hospitality Management, 45, 77-87.

Mascarenhas, O. A., Kesavan, R., & Bernacchi, M. (2006). Lasting customer loyalty: a total customer experience approach, Journal of Consumer Marketing, 23(7), 397-405.

Purwoko. (2010). Pendapatan Sektor Pariwisata DKI Rp 1,9 Triliun. (online) http://www.jakarta.go.id/v2/news/2010/07/Pendapatan-Sektor-Pariwisata-DKI-Rp-19-Triliun#.VctBfvmqqkp (diakses pada tanggal 10 Agustus 2015).

Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta. (2014). Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Triwulan III Tahun 2014. (online). http://www.jakarta.go.id/v2/news/2014/11/pertumbuhan-ekonomi-jakarta-triwulan-iii-tahun-2014#.VctBfPmqqkp (diakses pada tanggal 10 Agustus 2015).

Sari, N. I. (2014). Mengintip Manisnya Bisnis Bioskop. (online). http://www.merdeka.com/uang/mengintip-manisnya-bisnis-bioskop.html (diakses pada tanggal 10 Agustus 2015).

Sukwadi, R. (2015). Utilizing Customer Experience Management framework to create a delightful service experience, International Journal of Industrial Engineering and Management, 6(1), 29-42.

Sukwadi, R., Yang, C.C., & Fan, L. (2012). Capturing customer value creation based on service experience - A case study on News Café, Journal of the Chinese Institute of Industrial Engineers, 29(6), 383-399

Sindo. (2015). Indonesia Akan Miliki 2.000 Layar Bioskop Tahun 2018. (online) http://economy.okezone.com/read/2015/06/07/320/1161477/indonesia-akan-miliki-2-000-layar-bioskop-tahun-2018 (diakses pada tanggal 10 Agustus 2015).

Usman, H., & Akbar, P. S. (2008). Pengantar Statistika. Edisi ke-2. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wong, I. A. (2013). Exploring customer equity and the role of service experience in the casino service encounter, International Journal of Hospitality Management, 32, 91-101.

Zakaria, I., Rahman, B. A., Othman, A. K., Azlina, N., Yunus, M., Dzulkipli, M. R., & Osman, M. A. F. (2014). The relationship between loyalty program, customersatisfaction and customer loyalty in retail industry: a casestudy, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 129, 23-30.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Creative Commons License
Jurnal Teknologi by Institut Sains & Teknologi AKPRIND is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JURNAL TEKNOLOGI
website: http://journal.akprind.ac.id/
online system: http://journal.akprind.ac.id/index.php/jurtek
Phone: +62 (274)  563029 ext 113
Fax    : +62 (274)