RASPBERRY PI HIGH AVAILABILITY CLUSTER SERVER DENGAN METODE SYNCHRONOUS REPLICATION, REDUNDANCY, DAN FAILOVER

Imam Kurniawan, Edhy Sutanta, Joko Triyono

Sari


Kebutuhan informasi sekarang ini membutuhkan layanan yang memiliki teknologi high availability untuk menangani gangguan downtime server, sehingga dapat menjaga kestabilan server dalam melayani permintaan yang tinggi. Downtime server dapat terjadi karena adanya kerusakan pada komponen hardware maupun software yang menyebabkan crash, atau perlu dilakukan upgrade dan maintenance pada server.
Teknologi yang digunakan untuk menangani downtime server adalah high availability cluster dengan metode synchronous replication, redundancy, dan failover. Perangkat yang menjadi cluster server adalah dua buah Raspberry Pi, yaitu sebagai master node dalam status aktif dan slave node dalam status pasif. Master node melayani permintan create, read, update, dan delete data, kemudian direplikasi ke slave node dengan metode synchronous replication, sehingga proses pengolahan data pada setiap node berjalan secara bersamaan. Ketika master node mengalami kegagalan, maka terjadi failover, yaitu slave node menjadi aktif dan melayani permintaan untuk pengolahan data.
Implementasi metode synchronous replication dan redundancy berhasil diujikan dengan melakukan replikasi file dan database antara setiap cluster node. Pada pengujian metode failover, ketika master node mengalami down, slave node berhasil melakukan take over secara otomatis dan menjadi master node. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi high availability cluster dapat mengurangi waktu downtime server, sehingga meminimalkan risiko kehilangan atau kerusakan data.
Kata Kunci: High Availability, Cluster, Server, Synchronous Replication, Redundancy, Failover, Raspberry Pi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.