ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN NIRKABEL BERBASIS CAPTIVE PORTAL MENGGUNAKAN SIMPLE QUEUE PADA MIKROTIK DI SMP AL - AZHAR 26 YOGYAKARTA

Septi Ade Pamuji, Yuliana Rachmawati, Catur Iswahyudi

Sari


Di era modern seperti sekarang ini manusia tidak terlepas dengan adanya teknologi. Teknologi sangat diperlukan untuk mempermudah pekerjaan kita dalam kehidupan dalam penggunaan jaringan nirkabel. Pada SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta tidak menerapkan jenis pengamanan otentikasi WPE maupun otentikassi Captive Portal, sehingga semua orang di luar lingkungan sekolah dapat dengan mudah mengakses jaringan nirkabel, serta penggunaan bandwidth setiap user yang tidak dimanajemen dengan baik sehingga antar user saling berebut dalam penggunaanbandwidth.
Pada tahap ini untuk menentukan kecepatan akses pada pengguna setelah login router akan melakukan limitasi kecepatan berdasarkan aturan konfigurasi bandwidth sesuai dengan user profil hotspot yang digunakan pada jaringan nirkabel dengan menangkap akses login. .
Penggunaan bandwidth disetiap pengguna pada jaringan nirkabel dengan menggunakan captive portal adalah upload 14.8 kBps dan download 25.7 kBps serta penggunaan pada user guru 130,4 kBps untuk download dan upload 48.8 kBps. Prosentase penggunaan adalah 75,4% penggunaan untuk download terhadap total bandwidth dan penggunaan bandwidthupload 24,6% pada total bandwidth setelah menggunakan simplequeue pada jaringan nirkabel captiveportal.
Kata kunci : hotspotloginpage, captive portal, simple queue


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.